Buat Kamu yang Kurang Percaya Diri. 10 Hal ini Akan Kamu Dapatin Dengan Masuk Organisasi

1. Pengalaman Baru

1

Seperti yang kita udah sering denger. Pengalaman adalah guru terbaik. Itulah kenapa, kamu ga akan menyesal setelah gabung ke organisasi. Sobat positif akan bertemu dengan guru terbaik yang bisa memberikan banyak pelajaran berharga tentang makna hidup yang sebenarnya. Asiiik!

2. Sahabat-sahabat Baru

423021_620 (1)

Intensitas pertemuan yang cukup rutin membuat sobat positif dan teman-teman seorganisasi semakin dekat layaknya saudara. Mereka ini lah yang nanti bisa jadi sahabat-sahabat baikmu. Pengalaman pahit dan manis yang kalian lalui bersama akan mengokohkan persahabatan itu. Yakinlah, sobat positif tak akan menyesal pernah dipertemukan dengan mereka.

3. Belajar Menghargai dan Mengerti Karakter Orang Lain

0_Mau_bergaul

Dalam organisasi pasti sobat positif akan bertemu dengan banyak orang dari latar belakang dan karakter yang berbeda-beda. Kamu akan belajar memahami dan mengerti perbedaan itu. Ini akan mengasah soft skill yang kamu miliki sebagai bekal di dunia kerja nanti.

4. Kuliah-Pulang, Kuliah-Nongkrong? Udah Ga Zaman Lagi, Cuy!

4

Katanya mahasiswa agen perubahan, cadangan masa depan, dan kontrol sosial. Masa masih betah tiduran di kosan sepanjang hari. Kamu mahasiswa atau anak TK? Ayo dong lihat dunia luar, analisis masalah lingkungan sekitar, dan selesaikan dengan teman-teman seorganisasimu. Kamu terlalu egois jika hidup hanya untuk dirimu sendiri.

5. “Kalau Ikut Organisasi, Nanti Kuliahku Berantakan”

84begini-cara-melihat-karakter-orang-yang-sebenarnya-bisa-untuk-tes-calon-pasangan-hidup

Yakin, Bro? Justru setelah gabung di organisasi sobat positif akan belajar gimana caranya memanajemen waktu dengan baik. Jadi semua bisa dijalankan secara seimbang. Emang kalo kamu tiduran aja di rumah atau nongkrong ke mall tiap hari bisa buat pinter gitu?

6. Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spritual

6

Karena udah sering berhadapan dengan banyak orang, kelak sobat positif jadi tahu bagaimana harusnya bersikap terhadap hal-hal yang terjadi di hidupmu. Kecerdasan emosionalmu akan semakin terasah tajam. Jika kamu bergabung dengan organisasi keagamaan seperti Lembaga Dakwah Kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa Islam, kecerdasan spiritualmu insya Allah akan naik juga. Kamu akan semakin religius. Ingat, hidup ini bukan buat dunia aja sobat positif. Akhirat juga kudu dipikirin.

7. Keberanianmu Akan Meningkat Pesat

14210781821000677820

Nah.. Kalau sobat positif tipe yang malu-malu atau grogi ketika bicara di depan umum, baiknya kamu harus gabung di organisasi. Kalau sobat positif aktif di organisasi, sobat positif akan semakin berani tampil di depan umum. Nervous-mu sedikit demi sedikit akan berkurang. Dan sobat positif juga akan berani mengungkapkan dan mempertahankan pendapatmu di depan umum. Hal ini dikarenakan, di organisasi sobat positif dibiasakan berbicara dan mengungkapkan pendapat.

8. Jaringan Pertemananmu Akan Berkembang

8

“Siapa sih dia?”
“Itu ketua BEM Universitas kita. Abang X yang asalnya dari kota Y. Eh ngomong-ngomong kalian berdua sama dong asal daerahnya.”
“…”

“Ada kenal sama anak Kedokteran universitas Z gak?”
“Oh, ada nih temen aku.”

“Kamu kenal sama anak kampus se-Indonesia ya?”
“Hehehe.”

Organisasi tingkat fakultas sering bekerja sama dengan organisasi dari fakultas lain. Begitu juga dengan organisasi tingkat universitas yang lebih luas jaringannya. Organisasi juga kadang mengirimkan wakil-wakilnya untuk pertemuan skala regional atau nasional. Jika kamu menjadi salah satunya, maka jejaring pertemananmu juga pasti akan berkembang. Tak hanya di satu jurusan, fakultas, atau universitas, sobat positif bahkan sudah punya teman baik se-Indonesia. Keren ga tuh?

9. Kamu Calon Pemimpin

9

Belajar leadership ga cukup ikutan training kepemimpinan sehari dua hari. Belajar leadership butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Dan sobat positif bisa dapetin itu di organisasi secara gratis. Sobat positif hanya perlu aktif mengikuti seluruh kegiatan organisasi, dan kemampuan leadershipmu akan semakin meningkat!

10. Mahasiswa

10

Kenapa kamu harus ikut organisasi? Karena kamu mahasiswa. Kamu punya tanggung jawab besar untuk memajukan negeri ini. Jangan sibuk komentar di facebook tentang presiden yang lamban kerjanya, kalau kamu sendiri masih tak acuh dengan sekitarmu. Buktikan dong bahwa negeri ini bangga pernah melahirkan pemuda seperti dirimu. Jadikan dirimu cadangan masa depan yang berharga, dengan terus mengasah kemampuan leadershipmu, salah satunya di organisasi.

Ida Mayasari

seorang pejuang

Leave a Reply