5 Alasan Kenapa Kamu Harus Lebih Memilih Buka Puasa di Masjid

Hai, Sobat Positif!

Bagaimana puasanya? Masih tahan? Sudah ada rencana berbuka puasa dimana hari ini? Hmm, Sob. Tahu tidak kalau masjid ternyata bisa kamu jadikan tempat berbuka puasa yang tidak kalah asyik lho! Nggak percaya? Nah, yuk simak lima alasan kenapa kamu harus berbuka puasa di masjid.

  1. Hemat

    Anggaran untuk berbuka bisa ditabung (sumber gambar: cermati.com)

Terutama untuk kamu yang berstatus sebagai anak kos, berbuka puasa di masjid sangat bisa dijadikan kegiatan rutin selama bulan Ramadan. Alasannya, berbuka puasa di masjid gratis. Hal ini otomatis bisa menghemat uang bulananmu. Lumayan kan, anggaran berbuka bisa kamu simpan untuk ongkos pulang kampung atau membelikan orang tua baju baru.

Buat kamu yang bukan anak kos juga tidak perlu gengsi berbuka puasa di masjid. Nggak perlu gaya-gayaan deh buat buka di tempat yang mewah dan mahal.  Esensinya sama-sama berbuka puasa bersama, kan?

Kalau berbuka di luar tidak salah memang, Sob. Tapi jelas menguras kantongmu, kan? Apalagi kalau jadwal buka bareng hampir setiap hari. Senin sama temen SMA, Selasa temen SMP, Rabu temen TK, Kamis komunitas X, Jum’at.. Sabtu.. Nah, kamu hitung sendiri deh berapa pengeluaranmu kalau terus-terusan buka di luar.

Mending alihkan tempat berbuka kamu dan teman-teman di mesjid. Nggak cuma bisa berhemat, kamu juga bisa dapetin ini nih! Lanjut baca yang di bawah ini.

  1. Shalat tepat waktu dan berjama’ah

    Sholat berjamaah lebih utama daripada sholat sendirian (sumber gambar : http://makhluqbumi.blogspot.nl)

Alasan lainnya kenapa kamu wajib berbuka di masjid, kamu bisa shalat tepat waktu dan berjama’ah. Kalau kamu buka di restoran atau rumah makan di luar, jangankan bisa jama’ah. Dapat tempat shalat aja sudah syukur. Belum lagi harus mengulur-ulur waktu shalat karena harus antri wudhu. Ditambah lagi, shalatmu jadi tidak khusyu’ karena harus gantian dengan temanmu yang belum dapat tempat shalat.

Itu baru shalat maghrib, shalat tarawihnya gimana? Karena keasyikan ngobrol sama temen-temen SD yang sudah lama nggak ketemu, tanpa sadars udah masuk waktu shalat isya’ dan bentar lagi tarawih. Ujung-ujungnya, kamu ketinggalan shalat tarawih karena kelamaan di jalan.

Sob, puasa Ramadan dan shalat hukumnya sama yaitu wajib. Maka, harusnya kita bisa prioritaskan dan maksimalkan keduanya. Bayangin kalau kamu berbuka di masjid. Siapa sih yang rela meninggalkan shalat berjama’ah kalau sudah di masjid? Dan shalatmu pasti tepat waktu! Gila, keren banget nggak tuh? Puasa oke, shalat juga mantap!

  1. Bertemu saudara baru

    Buka bersama saudara-sadara baru (sumber gambar: tribunnews.com)

Nah, kalau hanya sebagai momen melepas kerinduan, masjid juga bisa dijadikan tempat kamu reuni sekaligus buka bareng. Yang penting orang-orangnya tetap sama, kan?

Dan satu ini nih yang tanpa kita sadari sering kelewat begitu saja. Di masjid, kamu bakal bertemu dengan saudara-saudara lain sesama muslim, Sob. Tidak hanya fokus dengan teman-teman satu mejamu, kayak di cafe-cafe. Di masjid kamu bakal ngerasain ukhuwah islamiyah yang kental. Tidak usah malu buat memulai pembicaraan ya. Yang awalnya tidak kenal, jadi kenal. Alhamdulillah, jadi nambah saudara baru kan, Sob?

  1. Terhindar dari modus

    Jauhi cinta lama bersemi kembali, mari mendekat pada ilahi (Sumber gambar: islamidia.com)

Meskipun bulan Ramadan, bukan berarti terbebas dari godaan lawan jenis ya, Sob. Kamu kira modus itu tidak ada di momen berbuka puasa? Duh, betapa banyak orang CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) atau terjerat virus merah jambu dimulai dari buka puasa bareng sekalian reunian temen sekolah atau kampus.

Nah, kalau begini harusnya kamu hindari, Sob. Pasalnya, buka puasa itu niatnya harus suci karena Allah semata. Jangan kamu bumbui Ramadanmu dengan modus-modus itu, Sob.Mending kamu berbuka puasa di masjid deh! InsyaAllah aman dan bebas modusisasi (eh?).

  1. Mendapatkan pahala

    (Sumber gambar: blog.amikom.me)

Kalau yang ini, tidak bisa dipungkiri lagi kan ya, Sob. Jelas kita akan mendapat pahala yang berlimpah kalau berbuka puasa di masjid. Pertama, pahala berpuasa. Lalu, pahala shalat tepat waktu dan berjama’ah, juga pahala menyambung tali silaturahim. Ditambah lagi, pahala memakmurkan masjid.

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman :

Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta’ala)” (QS At-Taubah: 18).

Wih, tidak tergiur kamu, Sob?

Nah, mulai hari ini, yuk lah ajak teman-teman se-geng kamu untuk jadikan masjid salah satu tempat utama berbuka puasa kalian. Tapi tetep ya, Sob. Niatnya untuk mendapatkan ridho Allah Subhanahu Wata’ala.

Semangat, Sob! Semoga puasa kita dilancarkan dan diterima oleh Allah.

Ida Mayasari

seorang pejuang

Leave a Reply