AIESEC USU KIRIM RELAWAN ke SOPO BELAJAR-ALUSI TAO TOBA

Sobat positif, kali ini Tim Indonesia Positif secara khusus meliput kegiatan sosial yang dilakukan oleh AIESEC USU ke daerah Samosir Sumatera Utara. AIESEC USU (Association Internationale des Étudiants en Sciences Économiques et Commerciales Universitas Sumatera Utara) membawa empat relawan asal Malaysia ke Sopo Belajar-Alusi Tao Toba di Desa Lontung Kabupaten Samosir (22/5). Tujuan relawan asal Malaysia ke Alusi Tao Toba adalah untuk melakukan kegiatan sosial-pendidikan selama dua minggu.

Salah satu program yang diberikan oleh AIESEC USU bertema global village. Partisipan relawan memperkenalkan budaya Malaysia dalam bentuk tari-tarian, pakaian adat, makanan khas Malaysia serta tempat wisata di Malaysia. Beberapa agenda lain yang disajikan yaitu edukasi. Relawan mengajak anak-anak Sopo Belajar-Alusi Tao Toba dengan cara belajar sambil bermain menggunakan kosakata bahasa Inggris.

“Anak-anak di desa ini sudah terlalu takut dengan kata belajar. Melekat dibenak mereka kalau belajar harus duduk diatas kursi dan meja. Jadi, teknik belajar sambil bermain ini salah satu cara yang tepat. Anak-anak jadi mudah menangkap kosakata bahasa asing yang belum pernah mereka dengar”, ujar Ima Novita Siregar (24).

Empat relawan tersebut adalah Nur Izni binti Khairul Adznam (Nilai Polytechnic Negeri Sembilan), Md Zharfan Yek Bin Md Sufian Yek (Politeknik Sultan Idris Shah), Megat Ahmad Haziq bin Megat Ahmad Nizam (Polytechnic Sultan Azlan Shah) dan Noorain Shafienaz Subhair (Politeknik Merlimau).

Dalam wawancara dengan Indonesiapositif.com Shafienaz mengungkapkan, selain meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, anak-anak juga diberi  pengetahuan tentang ilmu-ilmu pendidikan. Mereka juga diberi pengetahuan mengenai human right, no tobacco dan day dream. Keempat relawan tersebut juga membagikan cara bagaimana menyeimbangkan kegiatan akademik dan hidup bersosial.

Program sosial-pendidikan yang diberikan membantu meningkatkan pendidikan di kawasan Desa Lontung. Seperti yang disampaikan President AIESEC USU Aulia Jamil (21), “Anak-anak di Sopo Belajar akan diperkenalkan fakta-fakta dari diseluruh dunia. Seperti kebiasaan belajar anak-anak di negara lain dan isu-isu dunia yang sedang berkembang saat ini. Tujuannya agar mereka tidak minim akan informasi global dan meningkatkan awareness mereka sedari dini. Mereka juga akan dilatih untuk menjadi leader dalam suatu kelompok”.

 

Leave a Reply