Aksi Damai 4 November, Contoh Teladan Demonstrasi

Sobat Positif, sebuah sejarah demonstrasi terakbar kembali terukir pada 4 November 2016 berlokasi di Bundaran HI, Balai Kota hingga Istana Negara. Menjadi sorotan pemberitaan Nasional bahkan menarik perhatian dunia. Aksi ini merupakan sebuah wujud tuntutan umat Islam atas penegakan hukum terhadap dugaan penistaan Al-Qur’an yang dilakukan oleh gubernur Jakarta saat ini. Aksi damai 411 dilakukan diberbagai daerah diseluruh penjuru tanah air. Massa umat Islam yang datang ke Jakarta juga berasal dari berbagai daerah. Aksi akbar ini mengajarkan kita banyak hikmah dan teladan yang dapat kita jadikan rujukan dalam berdemonstrasi secara arif dan bijaksana, berikut ini seacara khusus Indonesia Positif merangkum beberapa hikmah dan teladan dimaksud untuk Sobat Positif.

1. Tidak Gagal Fokus

 

Fokus pada tujuan aksi
Fokus pada tujuan aksi (sumber:facebook.com)

Aksi Damai 411 dengan jumlah massa yang luar biasa besar tetap fokus pada tuntutan penegakan hukum. Berkali-kali dalam aksi ini orator mengajak para pendemo untuk tidak terprovokasi oleh orang-orang yang menginginan kekacauan muncul pada momen 411 ini. Aksi ini tetap fokus pada tuntutan penegakan hukum dan mengecam tindakan penistaan Al-Qur’an. Di sosial media netizen pendukung aksi damai 411 juga banyak mengkrafikasi bahwa aksi ini bukan aksi anti agama tertentu, bukan pula aksi anti etnis tertentu. Terus menerus demikian saling mengingatkan hingga viral di media sosial agar tidak ada yang gagal fokus dalam memaknai aksi damai 411.

2. Peduli Kebersihan

Pasukan bersih Aksi Damai 411
Pasukan bersih Aksi Damai 411 (sumber:facebook.com)

Dalam aksi damai 411 ini selain meneriakkan takbir, melantunkan shalawat, sambil berjalan peserta aksi damai 411 melakukan aksi pungut sampah dan bersih-bersih jalanan. Aksi mulia ini dilaksanakan oleh berbagai komunitas yang beragam, salah satu penggeraknya adalah pimpinan Pesantren Daarut Tauhid ustad Abdullah Gymnastiar (AA Gym). Bahkan peserta aksi berjejer rapi dibibir jalan bergerak perlahan serta saling mengingatkan agar tidak menginjak rumput taman.

3. Bergerak Tertib Dalam Satu Komando

Aksi bela Qur'an
Aksi bela Qur’an (sumber:facebook.com)

Ketaatan peserta pada instruksi komando menjadi salah satu kunci tertibnya agenda aksi damai 411. Ini pelajaran yang sangat penting. Dalam melakukan unjuk rasa kita harus taat pada instruksi komando demi kebaikan bersama dan terjaganya persatuan.

4. Pemberitaan langsung oleh pelaku Aksi Damai 411.

livereport
Status facebook dimanfaatkan jadi sarana saling mengingatkan (sumber:facebook.com)

Sobat Positif, dunia teknologi informasi saat ini memunculkan citizenjournalism atau jurnalisme warga, masyarakat langsung dapat mem-broadcast berita yang ia temukan dilapangan melalui media sosial. Hal ini pula lah yang banyak dilakukan oleh peserta aksi damai 411. Ribuan postingan foto dan rekaman kejadian dari berbagai sudut lokasi unjuk rasa bermunculan di media sosial sehingga masyarakat yang tidak ikut demo bisa mendapatkan berita yang sangat banyak melebihi informasi di televisi. Aksi live broadcast ini bisa disebut sebagai usaha meng-counter plintiran informasi dari pihak yang ingin menjelekkan aksi damai 411.

5.Melakukan aksi dengan hal-hal beradab.

Sholat berjamaah aparat dan peserta aksidamai411
Sholat berjamaah aparat dan peserta aksidamai411 (sumber:facebook.com)

Namanya juga aksi damai, tentu saja yang namanya anarkisme dan pengerusakan harus ditinggalkan. Sobat positif, dalam aksi damai 411 tentunya ada orasi, ini hal yang umum, namun ada hal lain yang mereka lakukan saat aksi damai yang perlu diingat, saat aksi damai ditemukan suasana berdzikir, bershalawat bahkan polisi pengawal aksi damai ikut melantunkan asmaul husna dan sholat berjamaah bersama para peserta aksi damai. Tentu saja ini aksi yang sangat beradab.

6.Solidaritas sesama peserta aksi damai.

Ibu-ibu menyiapkan makanan untuk peserta #aksidamai411
Ibu-ibu menyiapkan makanan untuk peserta #aksidamai411 (sumber:facebook.com)

Dalam aksi ini terlihat peserta aksi damai memiliki solidaritas yang menakjubkan, kita bisa menemukan ibu-ibu dan beragam kelompok yang membagikan roti , makanan lainnya dan minuman dengan gratis. Peduli dengan kondisi orang yang pasti lapar dan haus merupakan wujud solidaritas dan kepedulian terhadap sesama.

Sobat Positif pantaslah seorang Manager Nasution, Komisioner Komnasham menyimpulkan ini merupakan aksi bermartabat, sebagaimana dirilis pada laman republika.co.id beliau menyebutkan “Saya, dan mungkin siapa pun, yang menyaksikan lautan manusia hari ini di sekitar Monas dan Istana Medan Merdeka, pasti merinding. Muslim Indonesia telah mencontohkan pelaksanaan demonstrasi secara bermatabat,” ujarnya, Jumat (4/11). Aksi damai 411 ini merupakan teladan dalam menyampaikan aspirasi dengan cara damai. Sebagai negara demokrasi hal ini tentu saja sesuatu yang diizinkan untuk dilakukan, 4 November 2016 Indonesia telah memberi contoh kepada dunia bahwa di negeri Bhineka Tunggal Ika bisa terjadi aksi unjuk rasa besar oleh jutaan peserta dengan tertib.

 

One thought on “Aksi Damai 4 November, Contoh Teladan Demonstrasi

Leave a Reply