Aksi GPL Wujud Peduli Pemuda Terhadap Pangan Lokal

Go Pangan Lokal (GPL) merupakan sebuah gerakan intellectual social movement yang dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pangan Indonesia. Gerakan GPL ini sendiri dicetuskan oleh organisasi MITI (Mahasiswa Ilmuwan Teknolog Indonesia). Melalui GPL para pemuda Indonesia mampu menyumbangkan suara untuk pelestarian pangan lokal Indonesia. Hal ini perlu dilakukan guna menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dikatakan mulai berlaku tahun 2015 ini, dimana pasar bebas diberlakukan. Pada tahun ini, GPL dilaksanakan serentak di 10 Kota Indonesia, yaitu di Medan, Riau, Bengkulu, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Kendari, Palangkaraya dan Gorontalo.

934012_629202193775338_1100910117_n
sumber gambar : miti.or.id

Go Pangan Lokal pada tahun ini melakukan serangkaian kampanye yang bisa dikatakan cukup kreatif antara lain GPL On The Move, kampanye kreatif via sosmed dan Youtube. Selanjutnya terdapat Talkshow GPL 2015 “Pangan Lokal Mendunia” sebagai wadah dialog untuk memperluas pemahaman para pemuda akan pentingnya pangan Lokal. Selain itu, untuk mempopulerkan Go Pangan Lokal ke seluruh Indonesia, TIM GPL juga mengadakan lomba Video Jingle Dare GPL 2015. Peserta untuk lomba video ini direncanakan bukan hanya untuk pemuda Indonesia yang menetap di Indonesia saja, namun untuk seluruh pemuda yang ingin mengkampanyekan Pangan Lokal di seluruh dunia.

Melalui aksi GPL ini juga akan dilakukan survey TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Survey ini bertujuan sebagai laporan rekomendasi kepada pemerintah sehingga pemerintah mendukung upaya eksistensi beragam produk pangan kas Indonesia. Harapannya dengan ini, dapat memajukan ekonomi masyarakat Indonesia juga.

SUARA-JAKARTA-KAMPANYE-GO-PANGAN-LOKAL-MITI
sumber gambar : google

TIM GPL juga membuka kesempatan kepada seluruh pemuda lainnya yang peduli akan pelestarian pangan lokal Indonesia untuk bergerak bersama dalam menyadarkan masyarakat. Karenanya TIM GPL mengajak semua pemuda untuk peduli dalam pangan lokal Indonesia dan membuat Open rectruitment sahabat GPL. Sahabat GPL nantinya akan ikut serta dalam acara puncak GPL yaitu Local Food Day (FLD)  yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2015 bertepapatan pada hari Pangan Lokal Nasional.

DSC03836
sumber gambar : miti.or.id

Gerakan #TanamPanganLokal juga turut menjadi salah satu rangkaian kegiatan GPL. Konsep Gerakan #TanamPanganLokal mirip seperti konsep KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), tujuannya adalah agar masyarakat dalam memenui kebutuhan pokok sayur yang didapat dari penanaman pangan lokal. Akan dibagikan sebanyak 2000 bibit tanaman buah-buahan dan sayuran lokal di 10 kota besar pelaksana GPL 2015.Go Pangan Lokal menjadi saksi nyata kepedulian pemuda terhadap pelestarian pangan lokal Indonesia. Dengan GPL diharapkan mampu meningkatkan produk lokal Indonesia dan menyiapkan Indonesia menuju MEA 2015. Jika bukan kita para pemuda Indonesia yang peduli akan pangan lokal Indonesia , maka siapa lagi ? Maka gerakan Go Pangan Lokal bisa menjadi bakti bangsa terhadap negara. Ayo sama-sama berjuang memajukan pangan lokal dan bergabung bersama relawan GPL 2015. Informasi GPL dapat dilihat di website MITI.

Geubrina Rizky

Seorang hamba yang sedang berjuang merealisasikan mimpi dan mecoba membagi melalui untaian kata

Leave a Reply