ASEAN UNIVERSITY YOUTH SUMMIT 2016: Event Internasional Pertama di Sumbawa

Sobat Positif, masih ingat dengan Universitas Teknologi Sumbawa?, kampus penuh semangat yang berhasil mengirimkan duta-duta peneliti muda dari kampusnya untuk bersaing di igem tahun 2014 silam.

Baca juga: Kisah haru anak Sumbawa taklukkan iGEM

Semenjak adanya kampus UTS di Sumbawa, pemuda-pemuda aktif dan kreatif terlahir dari peradaban kampus ini. Kabar terbaru dari kampus UTS Sumbawa, Nusa Tenggara Barat adalah akan diselenggarakannya sebuah event Internasional pertama di Bumi Sabalong Samalewa itu.  Event Internasional yang dimaksud adalah ASEAN University Youth Summit (AUYS).

AUYS adalah sebuah konferensi yang mempertemukan mahasiswa dari seluruh negara ASEAN untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam berbagai isu, masalah sosial dan budaya, dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Mahasiswa sebagai ujung tombak pembangunan dinilai perlu terlibat lebih aktif dalam upaya mengintegrasikan kawasan ASEAN sebagai kawasan yang memiliki satu visi, satu identitas, dan satu komunitas. ASEAN sebagai kesatuan dari sepuluh negara di Asia Tenggara memiliki komitmen tinggi untuk menciptakan satu kawasan yang mampu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di wilayah tersebut. Sebagai salah satu bentuk implementasi tujuan tersebut, terciptalah MEA untuk percepatan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Mahasiswa sebagai agen preubahan memiliki peran penting untuk mencapai tujuan tersebut. Karena itulah, sejak tahun 2015, sebuah konferensi mahasiswa diinisiasi untuk melibatkan seluruh mahasiswa ASEAN agar terlibat aktif dalam MEA. Inilah tujuan besar diselenggarakannya AUYS.

AUYS Pertama digelar di University Utara Malaysia (UUM), Malaysia, dengan tema “Forging 1-ASEAN Youth Network Through Volunteerism”. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS ikut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pertama AUYS. Di akhir acara, forum AUYS sepakat untuk menyelenggarakan konferensi kedua di Indonesia, tepatnya di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Sumbawa. Sebuah kebanggan tersendiri bagi UTS karena di usia kampus yang baru menginjak tahun kedua sudah mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan pertemuan mahasiswa se-Asia Tenggara.

AUYS kedua di Sumbawa akan diselenggarakan pada 24-28 Januari 2016. Kali ini tema yang diangkat adalah “Social Entrepreneurship as a Main Character of Future ASEAN Generation”. Tema ini dipilih untuk menyebarkan ide kesadaran sosial dalam pembangunan kawasan ASEAN. Social enterpreneurship merupakan jalan untuk memahami masalah sosial kemudian menciptakan manfaat sosial dan lingkungan bagi masyarakat sekitar dengan menciptakan inovasi dan lapangan pekerjaan. Hal ini sangat berkaitan dengan adanya MEA yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan ekonomi dengan membuat perubahan sosial bagi masyarakat kelas bawah. Mahasiswa ASEAN perlu memahami hal ini sejak awal agar ke depannya dapat terlibat aktif dalam mengembangkan social eneterpreneurship serta mendukung suksesnya program MEA.

Kegiatan AUYS dapat diikuti oleh: mahasiswa S1/sederajat yang saat ini sedang belajar di universitas di seluruh wilayah ASEAN; anggota organisasi kepemudaan di seluruh wilayah ASEAN; dosen pendamping atau pembimbing organisasi. Para peserta diharapkan memiliki keinginan kuat untuk membangun kawasan ASEAN. Calon peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan melakukan registrasi online yang dibuka sejak 17 Agustus 2015. Pendaftaran dapat dilakukan secara pribadi maupun kolektif. Institusi yang melakukan pendaftaran secara kolektif dengan minimal 3 peserta akan menjadi institution partner AUYS 2016. Logo institusi akan ditampilkan di seluruh media AUYS 2016 (website, merchandise, dll). Adapun kegiatan yang akan diselenggarakan antara lain ASEAN Youth Conference, rural engagement program, ASEAN cultural show, serta field trip.

Informasi lebih lanjut silahkan diakses melalui web resmi AUYS 2016 di auys2016.org, atau bisa juga melalui fanpage Facebook ‘ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2016’, Twitter @auys2016, dan Instagram (aseanuniversityyouth_Summit). Jadilah bagian dari AUYS 2016! Sampai jumpa di Sumbawa: The Essence of Paradise!

 

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.