Bacalah!

Sobat Positif, beruntunglah jika Anda orang yang gemar membaca. Membaca adalah aktifitas meresepsi, menginterpretasi dan menganalisa, kebiasaan seperti ini akan sangat baik dalam membantu otak untuk dapat berkonsentrasi dan berpikir. Beberapa ahli di bidang psikologi meyakini bahwa satu-satunya cara dalam mendukung tumbuh kembang anak dalam hal kreatifitas dan imajinasi adalah dengan mengajarkan seni membaca. Julia Johnson seorang penulis buku anak-anak menyebutkan bahwa penting bagi orangtua untuk memperkenalkan novel kepada anak-anak baik fiksi klasik ataupun fiksi kekinian di usia dini. Sobat Positif, ketika membaca sebuah novel atau buku cerita maka otak kita akan bekerja berkonsentrasi dan berimajinasi untuk memvisualisasikan cerita yang kita baca, kondisi ini sangat baik dalam mengimbangi kebiasaan menonton TV yang tidak mengajak otak kita untuk membayangkan visualisasi. Untuk lebih meyakinkan lagi, berikut ini ada beberapa pernyataan dari para ahli terkait membaca.

Kata para Ahli tentang membaca

Sobat Positif membaca dapat membantu Anda menghilangkan stress, sebuah penelitian di Universitas Sussex menyebutkan, dengan membaca sebuah buku mampu menurunkan stress yang dialami seseorang . Bahkan mengalahkan aktifitas seperti mendengarkan musik, menikmati secangkir teh atau kopi dan berjalan-jalan. Dr David Lewis dalam laman Huffington Post menyebutkan “tidak peduli buku apa yang Anda baca, asyik membaca dapat menghilangkan kekhawatiran dan tekanan dari luar”. Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Dr Saliha Afridi di laman Gulf News. Dr Saliha Afridi seorang psikolog klinis menyebutkan kreatifitas, imajinasi dan intelejensi berkaitan erat dengan aktifitas membaca.  Beliau menambahkan, membaca membantu memperbaiki fungsi otak, mengurangi stress, membantu lebih baik dalam konsentrasi dan meningkatkan kemampuan komunikasi mengingat membaca akan menambah kosa kata Anda.

Membaca dan imajinasi dari pandangan penulis

Sobat positif, Sahar Naja Mahfouz seorang penulis asal Libanon terlihat sangat memahami pentingnya imajinasi bagi pembaca lewat buku cerita. Sahar penulis cerita fiksi anak-anak dan dewasa ini selalu membuat tulisannya open-ended story (tanpa akhir yang jelas), sehingga mendorong pembacanya berimajinasi sendiri seperti apa gambaran kesimpulan akhir dari cerita fiksi yang ia buat. Sobat Positif membaca buku dapat Anda jadikan sebagai senjata untuk mengatasi kesulitan tidur. Membaca dapat menenangkan pikiran dan mengisyaratkan tubuh untuk mulai memejamkan mata, hal ini sejalan dengan rilis data dari National Sleep Foundation.

Al-Qur’an menyebutkan “Bacalah”

Sobat Positif dalam Al-Quran ayat pertama yang turun adalah iqra yang artinya “Bacalah”, tentu ada makna besar dari kata “bacalah” dari kata awal yang pertama kali diturunkan dalam kitab suci Al-Qur’an. Sobat Positif, dengan penjabaran singkat ini semoga semakin membuat kita bersemangat untuk membaca, membaca Al-Qur’an, buku pelajaran, buku cerita, novel mendidik dan bacaan-bacaan penggugah jiwa lainnya. Ayo membaca, salam positif.

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply