Begini caranya bisa keliling Indonesia saat masih Mahasiswa

Sobat Positif, masa mahasiswa adalah masa dengan energi prima. Barangkali ada dari Sobat Positif yang sedang menjalani fase sebagai mahasiswa, dimana kita mencari jati diri, mengasah kemampuan dan mencoba banyak hal. Salah satu hal yang dapat sobat rasakan sebagai mahasiswa adalah memiliki pengalaman mengunjungi berbagai kota di Indonesia, pengen tahu bagaimana caranya bisa memiliki kesempatan berkeliling Indonesia dan punya banyak teman dari berbagai daerah di Indonesia ?, berikut kami rangkum cara yang dapat Sobat Positif coba.

 

  1. Organisasi

Well Sobat Positif, organisasi tetntu aktifitas yang selayaknya kita ikuti ketika menjadi mahasiswa agar tidak “kuper” (red:kurang pergaulan). Dengan berorganisasi Sobat Positif akan punya kesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan Nasional dari organisasi tersebut. Memang tidak semua organisasi mempunyai kegiatan nasional, meski demikian lewat berorganisasi Sobat Positif akan dapat banyak informasi dan wawasannya lebih terbuka. Beberapa organisasi yang memiliki kegiatan nasional seperti BEM Fakultas, misalnya Fakultas MIPA, biasanya ada pertemuan BEM FMIPA se-Indonesia, kemudian organisasi MITI (Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia) yang memiliki kerja sama dengan organisasi keilmuan di kampus Sobat Positif sekalian, atau ILP2MI (ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia), LDK (Lembaga Dakwah Kampus), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di berbagai bidang, Organisasi olahraga dan lain sebagainya.

 

  1. Beasiswa

Terdapat beberapa beasiswa yang memiliki agenda gathering, dimana penerima beasiswa tersebut berkumpul secara nasional di suatu tempat untuk melakukan hal tertentu sesuai visi dan misi pemeberi beasiswa tersebut, contoh beasiswa semacam ini adalah beasiswa Tanoto Foundation, Beasiswa KSE (Karya Salemba Empat), Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation, Beasiswa Etos, Beasiswa PPSDMS dll. Beasiswa cara paling sedap Sobat, selain dapat uang kuliah, uang saku dan bantuan lainnya kita berkesempatan mengunjungi daerah lain lewat event gathering yang biasanya diadakan tiap tahun. Semuanya gratis, biasanya beasiswa seperti ini persaingan dan seleksinya cukup ketat, so siapkan diri sebaik mungkin.

 

  1. Ikut Lomba

Perlombaan tidak akan pernah habis-habisnya Sobat Positif temukan ketika masih mahasiswa, akan sangat disayangkan jika Sobat Positif menghabiskan masa mahasiswa tanpa mengikuti perlombaan. Banyak perlombaan tahunan yang bisa Sobat ikuti misalnya PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa), OSN Pertamina, Olimpiade Nasional MIPA, Gemastik (Pagelaran Mahasiswa Teknologi dan Informasi), lomba wiras usaha, lomba karya tulis, MTQ Nasional, NUDC (National University Debating Championship), lomba MAPRES (mahasiswa berprestasi) dan masih banyak lainnya silahkan Sobat Positif coba dan bersemangatlah untuk jadi pemenang serta nikmati pengalaman Sobat mengunjungi daerah lain tempat lomba diselenggarakan.

 

  1. Seminar

Sobat Positif yang sering baca majalah dinding di kampus pasti pernah menemukan poster bertuliskan “call for paper”, nah Sobat Positif bisa mengikuti seminar keilmuan untuk bepergian ke kota lain. Selain sobat dapat Ilmu, sobat juga bisa mempublikasikan hasil riset sobat ke jurnal online dari penyelenggara seminar atau setidaknya masuk draft prosiding. Biasanya event seminar banyak yang menyediakan akomodasi minus tiket perjalanan, jangan khawatir karena sobat bisa mengajukan proposal permohonan dana ke pihak kampus atau ke alumni atau ke siapa saja yang sobat inginkan untuk mendapatkan dana tiket perjalanan. Mengikuti seminar sangat disarankan buat para mahasiswa, tidak hanya menjadi penonton seminar namun juga menjadi pemakalah yang memaparkan hasil riset. Jangan berpikir ribet ketika mendengar kata riset, coba saja cek judul-judul paper yang mengikuti berbagai seminar dan kamu akan berpikir bahwa ternyata riset tidak selalu complicated.

 

  1. Forum Nasional

Forum-forum nasional untuk mahasiswa juga tidak kalah menariknya untuk diikuti, forum nasional dapat menjadi pilihan untuk mengunjungi kota lain yang belum pernah sobat kunjungi, misalnya Forum Indonesia Muda (FIM) yang mempertemukan sobat dengan pemuda hebat lainnya dari berbagai wilayah dari sabang sampai merauke, JMUN( Jakarta Model United Nation) sebuah forum simulasi sidang PBB.

Bisa jadi masih banyak cara yang bisa sobat tempuh untuk berkesempatan bepergian keliling Indonesia. Apakah sobat sudah pernah mencoba salah satu dari kelima cara diatas ?, bagi yang belum pernah, ayo segera move on dan isi masa-masa mahasiswamu dengan kisah hidup bermanfaat. Salam Positif

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply