Berqurban Bareng Rumah Kepemimpinan Sultan

Sobat Positif, mereka menyebut diri dengan sebutan Sultan, mereka adalah para mahasiswa penerima beasiswa dari PPSDMS Nurul Fikri di Universitas Sumatera Utara. Pemuda-pemuda penuh semangat ini tidak lepas dari aktivitas pengabdian kepada masyarakat. Menjelang Idul Adha, para Sultan mempersiapkan sebuah perhelatan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban pada hari raya Idul Adha nanti. Ide ini bermula dari keinginan PPSDMS untuk selalu membuat kegiatan-kegiatan yang mampu memberikan kontribusi dan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan ini semakn bulat untuk dilaksanakan setelah dimotivasi oleh pimpinan PPSDMS yang menyebutkan bahwa PPSDMS rumah kepemimpinan Sultan USU tidak lepas dari kegiatan sosial dan pengabdian diri kepada masyarakat.

Bagi Muhammad Taufik, salah seorang penerima beasiswa PPSDMS menyebutkan bahwa perhelatan Qurban sepatutnya kita ambil bagian dalam pelaksanaanya. Qurban juga merupakan ibadah yang disyariatkan oleh Allah sebagaimana disampaiakn pada penggalan surat Al-Kautsar: 1 – 2, “Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu,   maka sholatlah untuk Tuhanmu   dan sembelihlah kurban.”
Peristiwa Qurban memiliki nilai tersendiri bagi Taufik, beliau menuturkan bahwa momentum qurban berimplikasi pada pemutusan kesenjangan sosial di masyarakat. Karena ketika Qurban yang kaya berbagi dengan yang miskin sehingga semuanya bisa merasakan kebahagiaan. Oleh karena itulah Rumah Kepemimpinan PPSDMS memfasilitasi kalangan internal dan eksternal (masyarakat)  untuk berqurban yang kemudian dikelola secara mandiri.

Kegiatan qurban yang langsung di koordinir oleh para Sultan USU akan dilaksanakan di Asrama Rumah Kepemimpinan PPSDMS Regional VI Medan yang bermarkas di Jalan Sei Asahan No.8/22 Medan. Daging qurban direncanakan akan dibagikan ke panti asuhan gang pasir, serta warga yang membutuhkan disekitar asrama Rumah Kepemimpinan. Secara terbuka para panitia Qurban Rumah Kepemimpinan PPSDMS menyerukan bagi siapapun yang ingin berqurban di Rumah Kepemimpinan PPSDMS dapat menghubungi panitia qurban Rumah Kepemimpinan yakni Muhammad Ilmi. Beliau adalah mahasiswa Administrasi Niaga dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sumatera Utara. Beliau dapat dihubungi via telepon yakni 082361606877. Taufik menyebutkan sudah ada orang mendaftarkan diri untuk ikut berqurban di Rumah Kepemimpinan, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti yang ditemui para Sultan dalam persiapan pelaksanaan momentum qurban.

20150914184150
Poster Qurban Rumah Kepemimpinan PPSDMS Medan

Muda dan mencontohkan akhlak baik, sebuah teladan yang ingin disampaikan oleh para Sultan kepada para generasi muda saat ini. Di usia mereka yang masih muda, mereka lebih memilih untuk mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang memberikan dampak manfaat dan contoh baik kepada masyarakat. Semoga calon-calon pemimpin ini suatu saat benar-benar menjadi seorang pemimpin di masa depan, menjadi seorang sultan yang dapat mengarahkan masyarakatnya menjadi madani.

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply