Berselancar dan Bekudo Bono di Sungai Kampar

Siapa bilang berselancar hanya bisa dilakukan di laut. Berselancar juga bisa dilakukan di sungai loh sobat positif. Bagi sobat positif yang memiliki hobi berselancar bisa menjajal kegiatan yang satu ini. Ada beberapa sungai yang dapat dijadikan area berselancar, salah satunya adalah sungai Kampar di Indonesia.

Sungai Kampar merupakan satu-satunya sungai di Indonesia yang memiliki ombak besar akibat arus gelombang sungai yang begitu kuat. Selain Indonesia, ada beberapa sungai di dunia yang memiliki fenomena serupa yaitu di Amerika Selatan, Cina, dan Eropa. Wah, kita boleh bangga nih sobat positif.

7411488648_73d7c9e37b_b
sungai kampar (doc : google)

Sungai unik yang memiliki panjang 24.548 km2 ini terletak di Kelurahan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Ombak yang terjadi di sungai Kampar disebut ombak Bono (ombak tujuh hantu). Dikatakan ombak tujuh hantu karena sungai ini dapat menghasilkan tujuh gelombang berurutan yang membentuk kubah seperti ombak laut. Konon, masyarakat setempat percaya terdapat 7 ekor Bono jantan di Sungai Kampar. Benuk Bono ini dipercayai seperti seekor kuda. Pada saat musim pasang surut, ketujuh Bono tadi menemui Bono betina yang ada di sungai Rokan, Bagansiapi-api. Kemudian saat pasang tiba, ketujuh Bono tadi kembali dan berkeliling di sungai Kampar menyebabkan ombak besar terjadi.

Namun, ditilik berdasarkan penelitian ilmiah, fenomena ombak yang juga disebut Tidal Bore ini terjadi karena adanya pertemuan 3 arus air di sungai Kampar yaitu arus dari selat Malaka, laut Cina Selatan, dan sungai Kampar. Ketiga arus tersebut menyebabkan terciptanya ombak besar di sungai Kampar. Ditambah dengan terjadinya percabangan hulu yang menyempit akibat melewati Pulau Muda yang menyebabkan arus sungai semakin semakin deras. Pada saat musim hujan tiba, gelombang yang dihasilkan bisa mencapai hingga ketinggian 6 meter dengan kecepatan 40 km/jam. Hal ini biasa terjadi di bulan Novermber hingga Desember. Debit air yang disebabkan oleh hujan juga akan memengaruhi derasnya arus sungai tersebut sehingga ombak yang dihasilkan semakin besar. Di musim kemarau tepatnya bulan Januari-Juli, ombak di sungai Kampar hanya mencapai ketinggian 2 meter.

lokasi-bono-kampar-riau-tidal-bore-waves
doc : bonokampar.com
picture-6
gelombang 7 hantu (doc : bonosurf.com)

Selain berselancar, masyarakat setempat juga sering mengarungi ombak Bono menggunakan perahu kayu. Kegiatan ini biasa disebut dengan Bekudo Bono. Dalam satu perahu terdapat 2 orang yang mengendarai.

1503044bono-2780x390
Kompetisi berkudo bono pada Festival Bekudo Bono 2013 (doc : kompas.com)

Tahun 2013 merupakan tahun pertama diadakan Festival Bekudo Bono di kawasan sungai Kampar. Tujuannya adalah untuk mengenalkan lebih jauh wisata bahari sungai Kampar di Indonesia dan dunia. Kegiatan yang dapat diikuti di festival ini adalah pentas seni dan budaya lokal kabupaten Pelalawan, bazaar dan pameran produk lokal, photo contest on the spot, kompetisi selancar Bono, dan juga kompetisi Bekudo Bono. Kompetisi selancar Bono diikuti oleh turis lokal maupun turis asing. Pemenang kompetisi ini adalah siapa yang mampu bertahan lebih lama dengan jarak tempuh terjauh disertai maneuver hebat yang dilakukan peselancar ketika berdiri di atas papan selancar menerjang kedahsyatan ombak Bono. Juri yang dipilih merupakan pengurus dari Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) yaitu Arya Soebakti beserta tim. Para juri telah lebih dahulu mencoba menaklukkan kedahsyatan ombak Bono di sungai Kampar.

bono
turis asing yang menjajal ombak Bono (doc : paulkennedy)
Bono-Waves
peselancar cilik yang sedang menaklukkan ombak bono (doc : google)

Untuk menuju lokasi ombak Bono umumnya dilakukan dari Kota Pekanbaru menuju Pangkalan Kerinci (ibukota Kabupaten Pelalawan) melalui Jalan Lintas Timur Sumatera sekitar 1-2 jam. Dilanjutkan perjalanan menuju simpang Bunut dengan waktu sekitar 30 menit kemudian menuju desa Teluk Meranti selama 3-4 jam. Perjalanan dilakukan dengan menggunakan transportasi darat (mobil, bus, motor). Total waktu perjalanan memakan waktu antara 5-6 jam tergantung kondisi jalan dan kepadatan arus lalu lintas.

Bagaimana sobat positif? Tertarik untuk menaklukkan ombak Bono sungai Kampar? Siapin tabungan dari sekarang yuk untuk biaya perjalanan ke sana. Selamat menikmati akhir pekan sobat positif.

Sumber : Bonokampar.com, Wikipedia.org

Dias Tia R

Dias Tia R

"Hardwork beats talent when talent fails to work hard" -Kevin Durant

Leave a Reply