Bosan Saat Belajar? Tidak Lagi Jika Kita Melakukan Hal Ini

Belajar merupakan tugas utama kita sebagai seorang pelajar. Namun, seringkali ketika belajar kita lebih cepat merasa bosan dan lelah sehingga timbul rasa malas untuk melanjutkan aktivitas tersebut. Apalagi pada saat ujian tiba, kita diharuskan belajar lebih lama dibandingkan biasanya untuk mengulang dan menguasai materi yang cukup banyak. Salah satu penyebab kebosanan tersebut adalah hilangnya konsentrasi saat belajar. Hal terpenting ketika belajar adalah konsentrasi. Ketika konsentrasi hilang, kita pun menjadi tidak fokus sehingga sulit memahami materi yang sedang dipelajari. Ada beberapa tips agar kita dapat meningkatkan konsentrasi saat belajar. Yuk, kita simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Hindari Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu penyebab utama yang dapat mengalihkan perhatian kita saat belajar. Ketika kita membuka media sosial, dampaknya akan sulit bagi kita untuk meninggalkannya. Kita akan cenderung ingin melihat dan mengeceknya kembali. Pada akhirnya, kita menjadi tidak fokus pada apa yang sebenarnya sedang kita kerjakan sehingga banyak waktu kita terbuang percuma. Oleh karena itu, disarankan untuk mematikan atau meletakkan smartphone jauh dari jangkauan kita ketika belajar. Jika kita membutuhkan akses internet ketika belajar, sebaiknya matikan setiap notifikasi jejaring sosial yang ada pada smartphone kita. Dan ingat, jangan pernah tergoda untuk megeceknya.

1
Sumber : Google
  1. Istirahat Sejenak

Penelitian menunjukkan, waktu konsentrasi optimal manusia hanyalah 20 menit. Jadi, wajar jika setelah setengah jam kita belajar konsentrasi mulai menurun. Untuk itu, istirahatkan otak kita selama 5-10 menit. Kita dapat mendengarkan musik, melahap camilan, dan minum air putih. Konsumsi air putih yang cukup bagi tubuh, akan meningkatkan konsentrasi otak kita. Tapi ingat, hanya 5-10 menit. Jangan keterusan.

Vitals_Music
Sumber : Google
  1. Ciptakan Suasana Nyaman

Suasana yang nyaman dapat meningkatkan konsentrasi belajar. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk memperoleh suasana nyaman adalah dengan membenahi kamar tidur kita. Kamar tidur yang bersih dan rapi sudah cukup membuat kita nyaman sehingga kita bisa tetap fokus belajar. Usahakan belajar dengan posisi yang tepat yaitu duduk disertai penggunaan meja belajar. Posisi yang salah, seperti belajar sambil tiduran akan menyebabkan kita mudah ngantuk.

study
Sumber : Google
  1. Stamina yang Cukup

Ada baiknya sebelum belajar kita makan terlebih dahulu. Perut lapar akan menyebabkan hilangnya konsentrasi. Untuk itu, kita perlu mengonsumsi makanan yang bergizi sebelum belajar. Tidur yang cukup sebelum belajar juga akan membuat kita mampu berkonsentrasi tinggi. Penelitian menunjukkan, tidur selama 1 jam dapat membuat otak segar kembali sehingga dapat membantu kita agar tetap fokus.

Nutrition-For-Kids-Can-Improve-Memory-And-Concentration
Sumber : Google
  1. Diskusi

Berdiskusilah dengan teman. Dengan berdiskusi, kita dapat bertanya dan bertukar pikiran mengenai materi yang sulit kita pahami. Selain itu, diskusi juga dapat mengembalikan semangat kita untuk terus belajar.

oooo
Sumber : Google
  1. Utamakan Kualitas Belajar

Cobalah untuk memahami apa yang telah kita pelajari. Kemudian rangkum semuanya ke dalam bentuk tulisan atau diagram. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengingat materi tersebut. Rangkuman yang kita buat sendiri merupakan salah satu indikator pemahaman kita terhadap materi yang telah dipelajari. Jika sudah paham, kita tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama untuk belajar sehingga waktu belajar kita menjadi berkualitas.

rangkuman
Sumber : Google

Selamat belajar sobat positif. 😀

Dias Tia R

Dias Tia R

"Hardwork beats talent when talent fails to work hard" -Kevin Durant

Leave a Reply