Bagi Kamu Anak Perantau, Ini Momen Ramadan yang Kita Kangenin !

Bulan Ramadan bulan yang paling dinanti seluruh umat Muslim di dunia. Pada bulan ini, kita diwajibkan berpuasa dan melakukan amal saleh. Bukan berarti bulan yg lain tidak beramal saleh, ya! Karena bulan Ramadan segala amal akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, umat muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan.

Sobat positif, berada jauh dari kampung halaman saat Ramadan menjadi penuh perjuangan. Kok bisa? Bagi kamu yang berada jauh dari keluarga tercinta atau orang orang terkasih dan jauh dari suasana rumah ,karena suatu hal baik itu menuntut ilmu ataupun karena bekerja, setidaknya kamu akan merasakan bagaimana makna perjuangan di bulan Ramadan. Bagi anak rantauan, bulan Ramadan tidak hanya menahan lapar dan dahaga, justru ketika kita berada diposisi seperti ini kamu juga akan berjuang menahan rindu suasana Ramadan di kampung halaman. So, apa saja yang paling dirindukan pada saat Ramadan ketika kamu tidak di kampung halaman?

1. Dibangunin ketika sahur.

Bangun untuk Sahur

Ketika kamu tidak terbiasa untuk bangun pagi, bisa dipastikan kamu akan kelewatan untuk menunaikan sahur, bahkan alarm pun tidak bisa bangunkan kamu. Saat di kampung halaman, kamu tidak perlu khawatir telat bangun sahur, karena ada emak (ibu) yang akan menjadi alarm sampai kamu terbangun.

2. Masakan Ibu

Masakan Ibu adalah hal yang paling dirindukan

Masakan emak (Ibu) enaknya tiada duanya, apalagi bagi kamu yang menuntut ilmu dan bekerja sementara kamu yang masih single atau belum berumah tangga, masakan emak merupakan hal yang paling kamu rindukan untuk menu buka puasa dan sahur. Saking rindunya, rasanya tidak ada menu buka puasa dan sahur yang senikmat masakan ibu daripada tempat tinggal kamu saat ini.

3. Suasana Menanti Buka Puasa

Yang terpenting adalah kebersamaan

Bagi kamu yang mempunyai saudara, momen buka puasa sangat dinantikan. Dimana kita harus rebutan makanan untuk menu buka puasa masing-masing. Selain itu, mantengin depan tv menunggu adzan berbuka dan menebak-nebak iklan apa setelah iklan ini, merupakan momen seru untuk dilakukan bersama keluarga.

4. Berbagai Acara Buka Bersama

Acara buka puasa merupakan momen yang pas untuk reuni

Momen buka bersama merupakan momen pas untuk reuni. Bagi kamu, yang dari SD sampai SMA atau bahkan Universitas berada di kampung halaman, membuat buka puasa bersama merupakan agenda wajib tiap tahun. Minggu pertama buka puasa bersama dengan temen SD, besoknya SMP, sampai Kuliah pasti ada aja yang buat acara buka puasa bersama plus reuni moment. Selain itu, acara organisasi kampus pun selalu mengadakan acara buka puasa bersama. Ini merupakan momen yang juga dirindukan bagi kamu yang sedang merantau. Kamu harus ikhlas melihat mereka mengadakan buka puasa bersama tanpa kamu.

5. Berbagai Khas Jualan Ta’jil

Berburu Takjil

Ta’jil setiap kota terkadang berbeda-beda. Biasanya setiap sore di bulan Ramadan kamu sering membeli ta’jil disekitaran rumahmu dimana ta’jil-ta’jil tersebut sangatlah enak. Disini kamu bakalan kangen dgn ta’jil itu karena belum tentu ta’jil tersebut ada ditempat tinggal kamu saat ini.

So, itulah beberapa hal yang sering sekali membuat seseorang merindukan kampung halaman saat Ramadan sementara ia berada jauh di tanah rantau. Meski rasa rindu itu menggebu-gebu dan sering kali membuat pilu, untuk mengurangi rindu tersebut jadikan Ramadan semakin berkah dan tetap sabar, tenang, dan perbanyak melakukan ibadah dibulan Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa Sobat.

Leave a Reply