Cintya Indah Meidina Lubis: Ajakan Cintai Nabi Muhammad SAW Melalui Mural

Dinding kosong Ia sulap menjadi lebih berwarna. Warna abu-abu yang kian melekat pada dinding berubah menjadi variasi warna yang memukau. Beberapa dinding kosong menjadi sasaran empuk bagi mahasiswi jurusan Arsitektur- Universitas Mercubuana. Melalui tangannya, inisial “CIML” digoreskannya dengan lihai, lalu diberi pylox warna-warni untuk menghidupkan tulisan yang Ia hasilkan. Lambat laun, mural Cintya tidak melulu soal nama Ia sendiri. Namun kini bertransformasi menjadi tulisan yang mempunyai unsur sarana dakwah.

Bersama dengan 3.54 Project, Cintya Indah Meidina Lubis (20) membuat mural bertema Cinta Muhammad. (foto arsip pribadi: Cintya Indah Meidina Lubis)
CIML
CIML adalah inisial yang sering dipakai oleh Cintya untuk membuat karya seni mural. (foto arsip pribadi: Cintya Indah Meidina Lubis)

Sering sekali mural dianggap sebagai karya seni yang mengandung konten negatif. Adalah Cintya Indah Meidina Lubis (20), ingin mengubah pandangan tersebut dengan cara menampilkan tulisan yang indah dan mengandung makna. Bahwa karya seni merupakan satu wadah penyalur bakat yang dapat difungsikan sebagai ladang menebar kebaikan. Bersama dengan Gilang Bayu Rizkika dan Yuliani, Cintya memutuskan untuk membuat 3.54 Project. Nama 3.54 terinspirasi dari salah satu surat di dalam Al-Qur’an yaitu Ali Imran ayat 54. 3.54 Project adalah tim dakwah kreatif yang berdakwah melalui karya seni mural atau tulisan graffiti.

Melihat Palestina menjadi korban keganasan negara lain, suara hati mereka tidak menerima jika saudara sesama muslim mengalami penderitaan tanpa henti. Cintya dan 3.54 Project menyampaikan kegelisahan hati mereka melalui mural, bertajuk “FreeLESTINE – A Simple Message to Freedom”. Tampak bendera Palestina dan burung-burung bertebaran mengelilingi tulisan FreeLESTINE. Menyampaikan pesan bahwa Palestina sudah seharusnya bebas dari perang, tidak lagi mengemis kemerdekaan yang seharusnya menjadi milik mereka (red-Palestina). Kemudian, hasil mural “FreeLESTINE”Cintya unggah melalui akun facebook pribadinya, sehingga mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan, salah satunya adalah Daqu Movie.

street-art-freelestine-project-karya-cintya-indah-meidina-4
Mural bertajuk “FreeLESTINE” yang dibuat oleh Cintya dan 3.54 Project (foto arsip pribadi: Cintya Indah Meidina Lubis)

 

Campaign Siapa Muhammad.

Buah dari kebaikan yang Cintya tanam berbuah manis. Daqu Movie sangat tertarik dengan pesan “FreeLESTINE”. Lalu mengajak Cintya dan 3.54 Project untuk melakukan campaign dengan tema @SiapaMuhammad. Video yang diunggah melalui akun Youtube Daqu Movie, mengajak kita untuk kembali mengingat dan mempelajari akhlak Rasulullah Shallallahu’alaihi Wassalam.

 

SIAPAMUHAMMAD
Mural @SiapaMuhammad mengajak masyarakat untuk kembali mengenal akhlak dan pribadi Rasulullah Shallallahu’alaihi Wassalam

Tayangan awal dari video ini, memperlihatkan bagaimana awal mula proses pembuatan mural @SiapaMuhammad. Tampak Cintya sangat asyik memainkan pylox lalu membuatnya menjadi sebuah tulisan yang artistik. Konten mural yang diusung bertema luar angkasa, diartikan sebagai tempat yang gelap. Lalu diisi dengan sunburn dari bumi. Menggambarkan bahwa Nabi Muhammad SAW rahmatan lil alamin, membawa zaman kegelapan menjadi lebih terang benderang.

Dalam video yang berdurasi empat menit tiga belas detik, para talent Daqu Movie dan 3.54 Project menyampaikan dengan ringkas sosok Nabi Muhammad SAW. Bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wassalam adalah pribadi yang jujur, dapat dipercaya, public speaker yang handal, mengangkat derajat wanita, kepala keluarga terbaik, panglima perang, dan yang terpenting adalah Rasulullah merupakan suri tauladan terbaik di muka bumi.

Video yang berjudul Mural Series #1: Campaign @SiapaMuhammad, ditonton sebanyak 37.166 viewers. Mendapat respon yang positif dari netizen. Beberapa komentar turut membanjiri halaman komentar akun Youtube Daqu Movie, salah satunya berasal dari Bahtera Muhammad Ali, ia menuliskan, Ketika orang-orang kreatif berkumpul dan terjun di dunia dakwah, begini ini ya jadinya 😀 Barakallah untuk project barunya, lanjutkan!

Diatas semua itu, Cintya ingin mengajak masyarakat untuk menjadikan bidang apapun sebagai sarana dakwah yang bermanfaat bagi banyak orang.

One thought on “Cintya Indah Meidina Lubis: Ajakan Cintai Nabi Muhammad SAW Melalui Mural

Leave a Reply