Dingin Menusuk Berselimut Terpal dan Tikar

Telah lebih dari 2 minggu tim #SOSSyria XI (sebelas) ACT berada di Turki untuk menyalurkan amanah bantuan bangsa Indonesia untuk para pengungsi Suriah. Selain implementasi bantuan untuk program jangka panjang seperti pabrik roti dan shelter, ACT juga terus berikhtiar untuk menyalurkan bantuan yang paling urgent dibutuhkan oleh saudara-saudara kita di sana.

Potret Pabrik Roti Bangsa Indonesia di Turki
Potret Pabrik Roti Bangsa Indonesia di Turki
Sumber: kitabisa.com

Tim #SOSSyria ACT melaporkan, pengungsi Suriah yang berada Turki secara garis besar terbagi menjadi 3 (tiga) macam. Pertama, pengungsi yang tinggal di kamp-kamp resmi yang dikelola langsung oleh pemerintah Turki. Kedua, pengungsi yang tinggal di rumah dan apartemen sewaan yang ada di Turki. Ketiga, pengungsi yang tinggal di kamp-kamp darurat yang terbuat dari bahan dan material seadanya. Berdasarkan pengamatan langsung tim #SOSSyria ACT di sana, pengungsi Suriah jenis ketiga inilah yang saat ini paling membutuhkan kepedulian kita.

Bagaimana tidak, kamp-kamp pengungsi darurat yang mereka huni, berdinding dan beratapkan terpal plastik, serta beralaskan tikar yang bercampur lumpur. Perabotan sederhana untuk memenuhi kebutuhan dasar pun tidak mereka miliki. Hanya pakaian dan harta benda tak seberapa yang menempel di badan mereka lah yang berhasil mereka bawa dari kampung halamannya di Suriah.

Sejak beberapa bulan terakhir dan untuk berbulan-bulan kedepan, wilayah Suriah dan sekitarnya (termasuk Turki) tengah mengalami musim dingin yang suhunya bisa mencapai -1 derajat celcius. Terbayangkah kondisi mereka di sana tanpa alas tidur, selimut, penghangat ruangan, dan tempat bernaung yang layak?

Insya Allah, tim #SOSSyria XI ACT akan menyalurkan paket bantuan musim dingin dalam wujud matras(kasur), selimut, dan arang untuk penghangat ruangan. Mari salurkan kepedulian terbaik untuk mereka!

Lebih dari 2,4 miliar rupiah telah tergalang di Kitabisa dari 6.925 donatur. ACT mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada donatur, sembari terus mengajak Anda untuk berpartisipasi dan berdonasi untuk meringankan beban saudara-saudara kita di sana.

 

sumber: kitabisa.com

Leave a Reply