Hal-Hal di Bawah Ini Perlu Kamu Lakukan untuk Menegaskan di Pihak Mana Kamu Berada!

Berdiam diri dalam status abstain hanya menunjukkan keegoisan kita sebagai manusia. It’s not about religion, it’s about humanity!

Menjadi manusia yang hidup di tanah air yang saat ini aman dari penjajahan fisik, bukan berarti membuat kita lupa dengan tanah air negara tetangga yang mungkin saat ini sedang tidak baik keadaannya. Nasionalisme sesungguhnya tidak berbatas pada teritorial negara saja, hingga melupakan nilai-nilai kemanusiaan dalam jiwa setiap kita.

Banyak negara tetangga jauh Indonesia, khususnya di Timur Tengah, kini sedang bergejolak merebut kembali tanah air mereka dari tangan-tangan yang tak berhak. Gejolak itu semakin dahsyat dari hari ke hari, bahkan tahun ke tahun hingga detik ini. Nyawa-nyawa yang hilang sudah tidak lagi terbilang. Dan sebagian penduduk dunia masih saja diam.

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk menolong saudara-saudara kita tersebut dari negeri yang indah ini? Apakah kita hanya bisa menonton santai adegan demi adegan pembunuhan anak-anak tak berdosa dari balik layar kaca?

Berikut Indonesia Positif akan paparkan hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka. Check this out!

Share beritanya ke seluruh dunia
Share Info di Social Media Photo by d3q49wayiwmron.cloudfront.net
Share Info di Social Media
Photo by d3q49wayiwmron.cloudfront.net

Belakangan ini pemberitaan tentang #AleppoIsBurning sangat booming di sosial media, tapi tahukah Sobat bahwa situs-situs berita nasional ternyata tak tertarik untuk mengangkat isu kemanusiaan ini sebagai headline news di website mereka. Negeri ini seolah diam.

Di sinilah guna peran kita sebagai seorang pemuda pionir perubahan sekaligus pengguna sosial media yang bijak dan peduli. Sobat bisa membagi atau share berita tentang saudara-saudara kita yang tengah berjuang di negeri seberang ini dengan tujuan agar seluruh dunia tahu dan bisa memberikan kepedulian secara nyata. Jadikan sosial media bermanfaat tak hanya untuk dirimu, tapi juga untuk orang lain, Sob.

Do’akan mereka senantiasa
Doa dapat membantu Saudaramu photo by www.hamilton.edu
Doa dapat membantu Saudaramu
photo by www.hamilton.edu

Hal mudah selanjutnya yang bisa Sobat Positif lakukan adalah dengan mendo’akan mereka senantiasa. Do’akanlah yang terbaik untuk mereka yang tengah bergerilya mempertahankan tanah airnya. Dengan menyertakan mereka dalam bait-bait do’a kita, semoga bisa meringankan sedikit beban saudara-saudara di sana. Jangan pernah remehkan kekuatan do’a ya, Sob.

Sisihkan uang jajanmu untuk donasi
Bantuanmua sangat dibutuhkan Photo by cdn1-a.production.liputan6.static6.com
Bantuanmua sangat dibutuhkan
Photo by cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Seberapa sedikitpun uang jajan Sobat hari ini atau uang saku yang tak kunjung dikirim, haruslah tetap Sobat syukuri. Saudara-saudara kita di penjuru bumi yang lain bahkan tak lagi sempat berpikir apakah masih hidup sampai malam nanti.

Mulailah menyisihkan uang jajan untuk didonasikan melalui lembaga-lembaga penyalur donasi ke mereka yang tengah melawan bengisnya penjajah. Memberikan donasi merupakan satu langkah nyata untuk membuktikan kepedulian kita.

Buat aksi penggalangan dana
Mengajak orang lain untuk membantu Photo by : statis.dakwatuna.com
Mengajak orang lain untuk membantu
Photo by : statis.dakwatuna.com

Berjama’ah dalam memperjuangkan kebaikan akan lebih mudah dari pada seorang diri diam menangis di depan komputer. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat aksi penggalangan dana. Siapapun Sobat, Sobat bisa menginisiasi kegiatan ini. Atau jika sudah ada aksi sejenis di kota tempat tinggal Sobat, Sobat bisa gabung dengan aksi tersebut. Beberapa wilayah di Indonesia seperti Bandung, Pontianak, Pekanbaru sudah melakukannya, Sob.

Untuk kota Medan dan sekitarnya, ada nih aksi penggalangan dana untuk Suriah yang akan dilaksanakan tanggal 13-15 Mei mendatang. Aksi ini dipelopori oleh mahasiswa-mahasiswa kota Medan yang meleburkan diri dalam grup Medan Peduli Suriah.

Do your creativity to change your society
Tunjukkan Kreativitasmu untuk mengubahnya Photo by : i.ytimg.com
Tunjukkan Kreativitasmu untuk mengubahnya
Photo by : i.ytimg.com

Lakukan apapun yang Sobat bisa lakukan untuk menunjukkan Sobat peduli dengan mereka yang tertindas di Palestina, Suriah, dan negara lainnya.  Apapun itu.

Jika Sobat bisa men-desain, maka Sobat bisa buat poster atau brosur terkait kejahatan genosida ini, kemudian Sobat bisa bagikan ke teman-teman. Atau jika Sobat suka menulis, Sobat bisa membuat tulisan untuk menyadarkan orang-orang betapa kita harus bangkit menentang kebiadaban ini.

Gunakan seluruh kreativitas yang Sobat miliki untuk menyatakan kita berada di pihak yang mana. Berdiam diri dalam status abstain hanya menunjukkan keegoisan kita sebagai manusia.

Yuk, Sob. Tegaskan di pihak mana kamu berada sekarang!
Salam Indonesia Positif!

Ida Mayasari

seorang pejuang

One thought on “Hal-Hal di Bawah Ini Perlu Kamu Lakukan untuk Menegaskan di Pihak Mana Kamu Berada!

Leave a Reply