A Health Community Big Project, Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Hidup Sehat

Guna membangun kehidupan masyarakat sehat secara alami meliputi fisik, psikis dan lingkungan tempat dia tinggal diperlukan suatu sistem masyarakat mandiri dan aktif dalam kesehatan.Untuk itu, masyarakat perlu dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan bersifat do-it-yourself sehingga menjadikan masyarakat mampu membangun dan mengatasi berbagai masalah kesehatannya sendiri, baik secara pribadi maupun komunitas dalam suatu lingkungan tempat tinggal atau ekosistem kehidupan.

gambar1
Pembukaan kegiatan resmi oleh Ibu Evi Karota Bukit, S.Kp, MNS

Sobat Positif, berpijak pada uraian diatas, Mahasiswa Profesi Ners Semester II 2016 Universitas Sumatera Utara melakukan kegiatan “A Heatlth Community Big Project” di kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia. Agenda pengabdian masyarakat ini dimulai dengan pelatihan pengolahan sampah pada tanggal 29 Mei 2016. Acara puncak dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2015. Rangkaian acara puncak dimulai dengan senam bersama yang dengan antusias diikuti oleh warga. Acara ini secara resmi dibuka oleh dosen keperawatan Ibu Evi Karota Bukit, S.Kp, MNS.

Sobat Positif, para Mahasiswa insan kesehatan ini melakukan screening kesehatan gratis. Diawali dengan registrasi kemudian antri  satu per satu warga mengikuti screening gula darah, asam urat, kolesterol. Jika ditemukan hasil diatas normal dari ketiga item screening, maka warga akan diarahkan ke pojok komplementer. Pada pojok komplementer tersedia konsultasi dan terapi untuk menjaga kesehatan bagi warga. Tersedia pojok komplementer untuk masing-masing item screening. Pada komplementer DM terdapat jus tomat kacang panjang dan pada komplementer hipertensi terdapat jus timun, begitu juga untuk pojok komplementer kolesterol dan asam urat, tawaran yang diberikan untuk terapi asam urat adalah jus sirsak dan untuk kolesterol adalah jus alpukat. Pojok komplementer yang paling ramai didatangi adalah kolesterol dan asam urat begitu banyaknya pengunjung yang menderita asam urat dan kolesterol yang tinggi.

gambar2
Pendaftaran untuk Mengikuti Pemeriksaan Gratis

Agenda positif ini juga menyediakan pojok untuk ibu dan anak, pada pojok ini terdapat dua program yaitu panggung boneka yang isi konteks cerita adalah mengenaik kesehatan gigi dan mulut, cara menggosok gigi yang benar, dan tentang kebersihan kuku dan tangan untuk mencegah kecacingan. Para anak-anak sangat antusias dan terhibur menyaksikan aksi drama panggung boneka yang diperankan oleh frog, pooh, dan tweety. Khusus para ibu terdapat pelatihan pijat bayi yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah bayi, meningkatkan kenyamanan bayi, lebih relaksasi dan maningkatkan kualitas tumbuh kembang bayi.

Kesimpulannya kegiatan ini untuk membangun keluarga sehat. Semoga kegiatan positif ini dapat menjadi contoh dan mewujudkan Indonesia sehat dan positif kedepannya.

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply