How to Improve Your English?

Kemampuan berbahasa asing merupakan salah satu faktor yang penting di era globalisasi. Ada enam bahasa yang resmi digunakan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN), yaitu bahasa Arab, Inggris, Mandarin, Rusia, Prancis dan Spanyol. Dari sana kita bisa melihat bahwa minimal kita harus mampu berkomunikasi dalam salah satu bahasa tersebut untuk bisa go international.

Bahasa Mandarin merupakan bahasa paling banyak digunakan di seluruh dunia, sesuai dengan 1.37 milyar rakyat China yang merupakan 18.6% dari populasi manusia di dunia. Namun sejauh ini bahasa Inggris masih menjadi bahasa paling universal yang diterima di berbagai negara mengingat penggunaannya yang sangat luas, baik untuk berkomunikasi sehari-hari maupun untuk syarat mendaftar sekolah atau melamar pekerjaan.

Cukup banyak momok untuk bisa mahir menguasai bahasa Inggris. Here are some tips to improve your English :

 

  1. Fun Learning

Belajar bahasa Inggris bisa dari mana saja, siapa saja, kapan saja dan melalui apa saja, tak melulu harus belajar di kelas atau mengikuti kursus. Untuk memperluas pengetahuan kosa kata dan membiasakan diri mendengar pengucapan bahasa Inggris, Sobat Positif bisa memilih beberapa film dan lagu sebagai media belajar. Ketika menonton film berbahasa Inggris, cobalah untuk menyimak percakapan dan tidak menampilkan subtitle. Sama halnya seperti ketika mendengarkan lagu, simak dengan baik pengucapan lirik dan coba maknai arti tersebut. Jangan asal pilih film dan lagu ya 🙂

Source : Google
Source : Google

 

  1. Practice

Biasakan diri menggunakan bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari dan pada akun media sosial yang Sobat Positif miliki, seperti membuat caption Instagram, men-tweet, update status Facebook atau Line. Sesekali mungkin bisa mencoba membuat puisi atau artikel dalam bahasa Inggris.

Source : Google
Source : Google

 

  1. Measure Your Ability

Mungkin kita bisa berbahasa Inggris dengan fasih dan percaya diri, tapi kemampuan tersebut harus dibuktikan dengan angka. Untuk mengikuti tes TOEFL, IELTS, dan tes bahasa Inggris sejenis membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih hasil tes tersebut memiliki masa berlaku tertentu. Apabila belum bisa mengikuti “tes sungguhan”, Sobat Positif bisa memanfaatkan kesempatan melakukan tes simulasi gratis yang sering diadakan saat pameran edukasi.

Source : Google
Source : Google

 

  1. Travelling

Cara terbaik untuk menguasai sebuah bahasa adalah berada di daerah dimana bahasa tersebut digunakan. Ketika ada rezeki dan kesempatan travelling ke luar negeri, coba pilih negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari, seperti salah satu negara terdekat, Singapura. Sobat Positif harus berkomitmen mendisiplinkan diri menggunakan bahasa Inggris selama berada di sana. Ketika pulang kembali ke Indonesia, kemampuan speaking dijamin meningkat dibandingkan ketika sebelum berangkat.

Source : Google
Source : Google

 

  1. English Day

Rencanakan English Day bersama keluarga dan teman-teman, di mana semua orang harus menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi pada hari yang disepakati bersama. Terapkan juga di lingkungan organisasi atau komunitas yang Sobat Positif ikuti agar semakin banyak orang yang terbiasa berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Source : Google
Source : Google

 

  1. Sparing

It’s important to have a partner, since you two are a lesson for each other.

Source : Google
Source : Google

 

  1. Keep Learning

Meskipun tidak berencana mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris dalam waktu dekat, ada baiknya Sobat Positif memiliki buku-buku teori dan soal latihan bahasa Inggris.

Source : Google
Source : Google

 

  1. Be Confidence to show your English ability
Source : Google
Source : Google

 

Seperti hukum rimba “Siapa yang kuat, dia yang bertahan”, di era globalisasi seperti ini Sobat Positif harus memaksa diri untuk memiliki keunggulan agar bisa survive dan bahkan memenangkan persaingan. Salah satu cara yaitu dengan menguasai bahasa asing, minimal menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa paling universal. Masa sih nggak mau mengglobal? 😀

 

See you somewhere abroad!

 

 

 

 

 

Leave a Reply