Ice Bucket Challenge, Kampanye Dingin untuk Penderita ALS

IP 1

Pernah tahu ‘Ice Bucket Challenge’ kan? Buat yang belum tahu, Ice Bucket Challenge atau disebut juga ALS Ice Bucket Challenge itu adalah sebuah trend yang sempat booming di media sosial di pertengahan sampai akhir tahun 2014 lalu. Kegiatannya itu menumpahkan seember es plus air dingin ke sekujur tubuh. Setelah melakukan tantangan tersebut, kita bisa menantang tiga orang untuk melakukan Ice Bucket Challenge lagi. Nah, jika orang yang ditantang menolak untuk melakukan tantangan itu, ia diwajibkan menyumbangkan sejumlah uang untuk penderita penyakit ALS.

IP 2

ALS atau Amyotrophic Lateral Sclerosis adalah sebuah penyakit yang membuat seseorang mengalami kelumpuhan sedikit demi sedikit. Dilansir dari Institut Gangguan Saraf dan Stroke Nasional di Amerika Serikat, penyakit ini adalah penyakit yang menyerang sistem saraf yang mengontrol gerak yang menyebabkan penderita merasa kesulitan untuk menggerakkan tangan, kaki sampai pada akhirnya penderita akan mengalami kesulitan bernafas. Nah, tujuan dari Ice Bucket Challenge ini apa sih? Pada awalnya kegiatan ini dilakukan untuk mengkampanyekan penyakit ALS, yang tujuannya agar penerima tantangan setidaknya merasakan apa yang dirasakan oleh para penderita ALS tersebut, karena air yang sangat dingin dapat memberikan sensasi beku yang membuat tubuh tidak merasakan rangsangan apa-apa selama beberapa saat.

Tidak diketahui secara jelas siapa yang memulai trend ini. Namun, yang jelas trend ini telah sukses membuat banyak orang di dunia aware terhadap keberadaan penyakit tersebut dan memberikan perhatian lebih ke penderitanya. Dan yang buat kampanye ini semakin sukses adalah banyak bintang kelas dunia yang juga berpartisipasi dalam kegiatan ini, sebut saja Christiano Ronaldo, Mark Zuckenberg, G-Dragon, dll. Bahkan orang nomor satu di AS, Barrack Obama juga berpartisipasi dengan menyumbangkan sejumlah uang untuk penderita ALS setelah ditantang oleh Ethel Kennedy. Di Indonesia sendiri, trend ini dimulai oleh pesepak bola naturalisasi Irfan Bachdim yang kemudian menantang Raisa, Bambang Pamungkas dan Rifat Sungkar. Selain itu, ada juga BCL dan suaminya Ashraf, Daniel Mananta, Julia Perez yang mengisi daftar pelaku tantangan ini. Bukan hanya dari kalangan selebritis, beberapa CEO perusahaan startup juga ikut berpartisipasi, sebut saja Anton Soeharyo (CEO Touchten), Aria Rajasa (CEO Tees), Ryu Kawano (CEO Veritrans), Achmad Zaky (CEO Bukalapak) dan Andry Suhaili (CEO PriceArea).

Mereka (pencetus kampanye itu) membuat sebuah trend yang berdampak langsung untuk masyarakat yang membutuhkan, walaupun sebagian orang menganggap trend tersebut hanyalah sebuah trend. Namun dibalik itu semua ada sebuah kampanye besar yang memberikan manfaat bagi banyak pihak. Melalui ALS Ice Bucket Challenge itu, banyak orang yang pada awalnya sama sekali tidak tahu menjadi tahu tentang keberadaan ALS. Bahkan, tak sedikit juga sumbangan yang diperoleh untuk penderita ALS dari trend yang disebarkan itu.

Dina Meiladya

Menulis karena bukan anak raja atau anak ulama besar ^^

Leave a Reply