Iconesia, Kenalkan Indonesia Lewat Aplikasi Game Android

Ngaku cinta Indonesia, buktikan dengan memainkan Iconesia

Indonesia dengan seluruh keindahan dan keunikan orang-orangnya adalah sebuah kekayaan yang tak ternilai yang diberikan oleh sang Pencipta kepada bangsa ini. Dari berbagai pelosok negeri banyak anak negeri yang mensyukuri pemberian tersebut dengan mencintai Indonesia dan menjaganya dari segala jenis kerusakan. Bukan hanya dari sisi kerusakan lingkungan alamnya yang dijaga, tetapi mereka juga menjaga dari sisi manusia Indonesia agar memiliki rasa cinta kepada Indonesia. Vuseon sebuah grup start up asal Medan adalah salah satu contoh kelompok anak muda yang mencoba memperkenalkan Indonesia lewat produk aplikasi game ciptaannya.

Terinspirasi dari kondisi anak muda yang inferior (red-tidak cinta terhadap negara sendiri) membuat Vuseon berinisiatif membuat sebuah game android yang memperkenalkan Indonesia dengan cara yang menyenangkan, game tersebut diberi nama Iconesia. Terdiri dari dua kata yaitu “Icon” dan “Indonesia”, Iconesia menantang Anda untuk mengeksplor pengetahuan Anda seputar Indonesia melalui icon-icon flat design pada game ini. Game Iconesia akan menantang Anda untuk menebak nama tokoh, kota, universitas, kebudayaan serta hal-hal lain yang berkaitan dengan Indonesia. Dengan demikian tanpa disadari kita semakin tahu dan terdorong untuk mencari tahu tentang makna icon yang berkaitan dengan Indonesia tersebut, sehingga wawasan kita berkaitan dengan Indonesia semakin bertambah dan rasa cinta kepada Indonesia semakin tinggi. Rahmat Irfan Pohan selaku lead developer, Muhammad Putra Yuszar sebagai lead Designer, dan Dendy Herlambang sebagai lead Artist adalah anak muda yang berkolaborasi membuat game Iconesia.

Halaman Utama Game Iconesia
Halaman Utama Game Iconesia

Iconesia dibuat dengan IDE (Integrated Development Environment) Android Studio. Android Studio adalah IDE terbaru saat ini untuk mengembangkan aplikasi Android. Iconesia dapat berjalan untuk smartphone minimal dengan OS (Operating Sysytem) Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich). Aplikasi ini dapat di download melalui playstore bit.ly/iconesiagame . Tampilan dengan mode flat design dan komposisi warna serta teks yang padu akan membuat Anda betah memainkan game ini.

irfan
Rahmat Irfan Pohan Developer Iconesia

Rahmat Irfan Pohan (developer) yang masih berstatus seorang mahasiswa tingkat akhir yang sibuk-sibuknya dengan skripsi di program studi S1 Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara ini berharap bahwa dengan aplikasi game Iconesia generasi penerus bangsa semakin mengenal Indonesia dan semakin mencintai Indonesia. Terkait perkembangan industri kreatif, menurut Irfan anak-anak kreatif Indonesia juga memiliki daya saing yang patut dikembangkan di negeri sendiri dan sayang jika tidak diberdayakan. Kehadiran perkembangan Industri kreatif dari sisi video game, anime, komik, film animasi, aplikasi dan sebagainya membuka peluang bagi Indoensia untuk memperkenalkan diri secara lebih luas ke luar negeri. Irfan bermimpi Indonesia juga bisa seperti Jepang yang memperkenalkan kebudayaannya lewat industri kreatif seperti film, komik dan animasi. Saat ini Veseon sedang mengikuti lomba bisnis TIK di ajang Gemastik 8 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta. Gemastik merupakan pergelaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vuseon dari Universitas Sumatera Utara menjadi satu-satunya tim dari luar pulau jawa yang masuk 10 besar untuk memaparkan perencanaan bisnisnya. Ini merupakan langkah Vuseon untuk mendapatkan pendanaan guna melebarkan bisnis kreatifnya.

Diakhir wawancara Irfan mengajak Sobat Positif untuk mencoba game Iconesia di smartphone sobat sekalian. Sobat Positif bisa mengetahui perkembangan karya aplikasi Vuseon dengan berinteraksi langsung lewat media sosial, follow akun media sosial @iconesiagame dan tim Vuseon @vuseon. Terakhir Irfan menyebutkan “Ngaku cinta Indonesia, buktikan dengan memainkan Iconesia“.

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply