Ikrom Mustofa, Menginspirasi Tiada Henti

Pemuda kelahiran Kampar,  6 Oktober 1993 ini sepertinya sudah kenyang prestasi dan pengalaman selama masa perkuliahan. Ikrom, begitu pemuda ini biasa disapa, adalah mahasiswa tingkat akhir di Institut Pertanian Bogor (IPB) program studi Meteorologi Terapan Fakultas MIPA, yang memutuskan untuk tetap mengikuti berbagai macam lomba meski tak sedikit teman-temannya yang lebih memfokuskan diri pada tugas akhir. Ikrom bertekad untuk meninggalkan sesuatu untuk almamater ketika ia meninggalkan kampus nantinya. Dan ia telah membuktikannya dengan prestasi-prestasinya.

Pada tahun 2013, Ikrom menjadi delegasi IPB dalam program pertukaran mahasiswa “Six University Initiative Japan Indonesia Service Learning Program (SUIJI-SLP) 2013 di Jepang.

Setahun setelahnya, tahun 2014 , Ikrom berhasil menjejakkan kaki di negeri Jiran, Malaysia, sebagai delegasi terpilih dalam 4th Asia Pacific Climate Change Adaptation Forum 2014 yang diadakan oleh pemerintah Malaysia dan PBB.

Pada pertengahan tahun 2015, Ikrom berhasil menyabet juara 2 mahasiswa berprestasi tingkat nasional.

Terakhir, pada beberapa hari yang lalu, Ikrom menjadi pembicara pada International Sutdents Summit on Food, Agriculture and Environment in the New Century di Tokyo, Jepang.

Ikrom (tengah)
Ikrom (tengah)

Di tengah prestasi akademik yang sebreg, yang tak bisa disebutkan satu per satu di sini, ternyata Ikrom juga memiliki prestasi dalam bidang sastra. Pada tahun 2012, ia menjadi pemenang lomba cipta puisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh penerbit Sahabat Kata. Ikrom juga telah menerbitkan sebuah novel fiktif yang berjudul “Sebuah Warna”.

Asisten Praktikum Mata Kuliah Fisika Dasar, yang juga menjabat sebagai Ketua Rohani Islam Departemen Geofisika dan Meteorologi FMIPA IPB dan pernah menjabat sebagai wakil direktur UKM Forum Scientific on Studies (FORCES) IPB ini, ternyata tidak hanya aktif mengoleksi prestasi untuk diri sendiri, tapi ia juga aktif dalam proyek-proyek sosial. Salah satunya adalah proyek “Serial Komet” yang ia rintis bersama teman-teman sejak tahun 2013 hingga sekarang. Serial Komet adalah sebuah permainan edukatif yang menghibur sekaligus mendidik anak-anak terkait fenomena perubahan iklim dan lingkungan.

Ikrom telah menginspirasi pemuda-pemudi Indonesia untuk menjadi mahasiwa yang aktif, kreatif, dan prestatif. Bukan hanya aktif dalam bidang akademik, namun juga aktif dalam organisasi kampus dan proyek-proyek sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

So, untuk kamu yang memutuskan berhenti atau absen dari kegiatan organisasi dengan alasan takut kuliah terganggu, harusnya banyak berkaca pada pemuda asal Pelalawan-Riau ini.

Kamu bisa bertukar kabar dengan Ikrom Mustofa melalui emailnya, ikrommustofa@gmail.com atau bisa mengunjungi website pribadinya di ikrommustofa.com.

Tetaplah bersinar dan teruslah menginspirasi Indonesia, Sob!

Salam Indonesia Positif!

Ida Mayasari

seorang pejuang

One thought on “Ikrom Mustofa, Menginspirasi Tiada Henti

Leave a Reply