Ingin Bahagiamu Meningkat di Pagi Hari? Coba Ikutan Rumah Baca Keliling dari Komunitas Garuda Muda Madani!

Minggu pagimu kemarin menyenangkan, Sob?

Jika biasa saja atau jika Sobat Positif ingin meningkatkan kebahagiaan, mungkin Sobat bisa bergabung dalam agenda yang satu ini.

Sebuah komunitas kepemudaan yang berasal dari kota Medan, Garuda Muda Madani, Minggu pagi kemarin baru saja menjalankan agenda Rumah Baca Keliling (RBK) di Lapangan Merdeka Medan. Dari namanya, pasti Sobat Positif sudah menduga kegiatan ini berisi apa. Tapi tunggu dulu, ada kejutan.

Tim Indonesia Positif yang meliput langsung kegiatan ini juga awalnya mengira agenda ini seperti agenda biasa lainnya yang menyediakan buku-buku untuk dibaca. Tapi ternyata, tak hanya itu yang diberikan oleh komunitas yang satu ini. Berikut Indonesia Positif rangkum jenis kegiatan yang ada dalam 3 Paket Kebahagiaan Minggu Pagi dari Komunitas Garuda Muda Madani.

  1. Lapak Baca Gratis
Program Gerakan Muda Madani
Program Gerakan Muda Madani

Siapa yang tak suka sesuatu yang gratis? Makanan gratis? Tiket nonton gratis?

Di sini ada baca buku gratis. Tak menarik? Mungkin bagi sebagian anak muda atau golongan tua memang tak menarik. Indonesia memang memiliki indeks baca yang sangat rendah. Menurut survei, indeks baca masyarakat Indonesia hanya 0,001. Artinya, dari 1000 orang hanya ada 1 orang yang suka membaca. Miris kan, Sob?

Nah, untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia, komunitas Garuda Muda Madani bekerja sama dengan komunitas RumahBuku.id menggelar lapak baca gratis dalam agenda Rumah Baca Keliling. Di lapak ini, pengunjung bebas mau memillih buku yang mana untuk dibaca di lokasi sekitar lapak. Buku-buku yang disediakan juga beragam jenisnya. Ada buku islami, novel, motivasi, pelajaran, atau komik.

  1. Cek Kesehatan
Cek kesehatan gratis yang dilakukan oleh tim Gerakan Muda Madani
Cek kesehatan gratis yang dilakukan oleh tim Gerakan Muda Madani

Belakangan ini Sobat merasa agak pusing? Coba dicek tekanan darahnya, Sob. Bisa jadi tekanan darah Sobat menurun. Nah, di sebelah lapak baca gratis ada lapak cek kesehatan. Di sini, Sobat bisa mengukur tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Lapak cek kesehatan dipandu oleh mahasiswa-mahasiswi keperawatan yang sudah terjamin kelihaiannya. Selesai ngecek, Sobat bisa memberikan infaq seikhlas hati.

  1. Rumah Dongeng
Aksi rumah dongeng yang ditontok oleh anak anak
Aksi rumah dongeng yang ditontok oleh anak anak

Sering jogging pagi sendirian? Pasti kamu jomblo, Sob.

Nah, dari pada sendirian, mending ajak adik di rumah atau adik-adik tetangga main ke Lapangan Merdeka Medan. Ada rumah dongeng tepat di sebelah lapak cek kesehatan. Dipandu oleh 2 orang kakak muslimah yang sangat ramah, rumah dongeng ini sangat diminati oleh pengunjung anak-anak. Bahkan hingga dongeng selesai, anak-anak ini tetap tak mau beranjak sedikitpun dari tempat duduknya. Duh, lucu dan menggemaskan.

Sebenarnya ada 1 jenis lapak lagi yang ingin dibuka, yaitu lapak bibit tanaman. Tapi karena bibit tanamannya masih sangat terbatas, jadi lapak ini terpaksa belum bisa dibuka di RBK perdana.

Setelah selesai berkunjung ke RBK, dijamin indeks kebahagiaan Sobat pada Minggu pagi akan meningkat. Karena dimana lagi bisa baca buku sambil cek kesehatan dan dengarkan dongeng kalau bukan di RBK.

Tapi sayangnya RBK tidak dilaksanakan setiap Minggu, Sob. Untuk mengetahui info selanjutnya RBK mau buka lapak kapan dan dimana, kamu bisa add facebooknya dan follow instagramnya.

Para pengurus Gerakan Muda Madani
Para pengurus Gerakan Muda Madani

Nah, Sob. Yuk mulai rencanakan Minggu Pagimu selanjutnya dengan hal-hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain di sekitarmu.

Eh, Sobat Positif dapat salam dari Garuda Muda Madani, rumah sejuta inspirasi!

Semangat bahagiakan masyarakat, Sob!

Ida Mayasari

seorang pejuang

Leave a Reply