Investor Termuda Kota Jambi : “Kita Harus Berani Mencoba”

Nama lengkapnya Andrian Wijaya. Teman-temannya biasa menyapa dirinya Rian. Prestasi akademik yang Rian torehkan dalam bidang ekonomi tak bisa dipandang sebelah mata. Dirinya selalu aktif mengikuti berbagai olimpiade, baik lokal maupun nasional, dan berhasil menjadi salah satu juara. Kini, Rian bahkan dijuluki sebagai investor termuda di Kota Jambi, kota tempat tinggalnya.

foto : instagram.com/andrianwijaya1

Pada tim Indonesia Positif, Rian menuturkan bahwa ia merasa bingung bercampur senang ketika pertama kali mengetahui bahwa dirinya mendapat julukan investor termuda di Kota Jambi. Terjun dalam dunia investasi dan pasar modal bagi Rian bukanlah tanpa sebab. Siswa yang sedang duduk di kelas XII SMA N 3 Kota Jambi ini tertarik pada dunia investasi dan pasar modal ketika mengikuti Olimpiade pasar modal yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia pertama kali di tahun 2013. Rian mengaku merasa ada keasyikan tersendiri baginya ketika belajar investasi pasar modal.

Perjalanan Rian memulai debut sebagai investor muda dimulai sejak tahun 2014, tepatnya setelah mengikuti Olimpiade Pasar Modal Nasional 2014 dan berhasil menjadi Juara 2 di Bursa Efek Indonesia di Jakarta. Rian mempercayakan investasinya pertama kali di perusahaan tekstil dan perbankan. Modal yang pertama kali Rian investasikan adalah sebesar Rp200.000, lalu ia menambahkannya sedikit demi sedikit.

Ketika ditanya pendapatnya tentang langkah atau cara awal mulai berinvestasi bagi kita anak-anak muda Indonesia, Rian memberikan tips yaitu, “Langkah awal tentu mempelajarinya di buku-buku mengenai pasar modal. Lalu bisa mencobanya dengan nominal kecil Rp100.000.”

Hei, Sobat Positif! Ternyata investasi bisa kita mulai hanya dengan uang Rp100.000 lho!

Menurut Rian, ada kendala yang harus dihadapi dalam memulai sebuah investasi khususnya bagi anak muda, terlebih pelajar seperti dirinya. Kendala tersebut yaitu :

Pertama, kendala waktu. Kita tidak bisa mengamati pergerakan harga saham terus menerus. Cara menyiasatinya yaitu ketika sedang ada waktu luang, kita bisa pergunakan untuk memantau pergerakan harga saham.

Kedua, kendala minim pengalaman. Oleh karena itu, kita harus berani mencoba mengambil peluang, tantangan, dan resiko dari investasi tersebut, serta mau belajar dengan siapapun, dimanapun, dan kapanpun.

Di antara banyaknya prestasi yang telah diraih olehnya, Rian menyebutkan bahwa prestasi yang paling berkesan untuk dirinya adalah ketika ia berhasil meraih Medali Emas di Olimpiade Sains Nasional (OSN) Ekonomi tahun 2015.

Mengapa prestasi tersebut yang pemuda ini pilih?

Rian menjawab, “Acara tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI itu penghargaannya langsung diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Anies Baswedan. Dan beliau menitipkan pesan.”

Pesan apakah itu?

foto : instagram.com/andrianwijaya1

Semua yang kamu raih baru lah langkah awal dari kamu. Terus berusaha lebih baik. Saya tantang kamu jadi salah satu doktor ekonomi di Indonesia.  – Anies Baswedan

Pesan yang disampaikan Anies Baswedan secara langsung ini tentu semakin memompa semangat Rian untuk terus belajar dan berprestasi. Apalagi, Rian berencana, setelah lulus SMA nanti ia ingin melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia jurusan Manajemen. Selain itu, pemuda kelahiran Jambi, 27 Juli 1998 ini ternyata bercita-cita menjadi seorang menteri keuangan lho, Sob! Wah, semoga tercapai ya, Rian! 😀

Rian juga berpesan untuk seluruh pemuda Indonesia :

Beranilah mencoba, mengambil peluang dan tantangan yang ada.  Jangan pernah takut untuk bermimpi. Kita belajar dari pengalaman. 🙂

 

Nah, Sobat Positif.

Bagaimana pendapatmu tentang anak muda yang satu ini? Keren, kan?

Semoga keberanian dan semangat positif Rian bisa menular ke kita semua ya, Sob. Ayo berani mencoba, memanfaatkan peluang, dan menaklukkan tantangan! Andrian Wijaya saja yang masih duduk di bangku SMA sudah berani berinvestasi dan bermain di pasar modal. Apakah kamu tertarik mengikuti jejaknya? 😀


Biodata

Nama                                     : Andrian Wijaya

Tempat, Tanggal Lahir      : Jambi, 27 Juli 1998

Sekolah                                 : SMA N 3 Kota Jambi (kelas XII)

Hobi                                      : Main Futsal

Motto                                    : Tinggikan Mimpi, Raih Mimpi, dan Lampaui Mimpi

Cita-cita                                : Menteri Keuangan

Prestasi                                 :

  • Medali Emas OSN Ekonomi 2015
  • Juara 1 Kompetisi Ekonomi Nasional Trisakti School of Management 2015
  • Juara 2 Olimpiade Pasar Modal Nasional 2014
  • Medali Perunggu OSN Ekonomi 2014
  • Juara 1 LCC & Olimpiade Sumatera Accounting Competition 2015
  • Juara 1 Provinsi OSN Ekonomi 2014
  • Juara 2 Provinsi OSN Ekonomi 2015
  • Juara 1 Provinsi Olimpiade Pasar Modal 2014
  • Juara 1 Provinsi Olimpiade Pasar Modal 2013
  • Juara 1 Kota OSN Ekonomi 2015
  • Juara 1 Kota OSN Ekonomi 2014
  • Juara 1 Provinsi Olimpiade Akuntansi 2015
  • Juara 3 Provinsi Olimpiade Akuntansi 2014
  • Juara 1 Provinsi Kompetisi Ekonomi Trisakti School of Management 2015
  • Juara 1 LCC tk. Kota Jambi 2015
  • Juara 1 LCC & Olimpiade Agama Buddha Kota Jambi 2014 & 2013

Ida Mayasari

seorang pejuang