Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Tetap Kreatif dan Produktif Selama Ramadan

Ramadan telah tiba. Mungkin banyak diantara kita yang telah menyusun target-target ibadah yang ingin dicapai agar Ramadan berlalu dengan tidak percuma. Tak hanya melakukan ibadah-ibadah ritual pada umumnya, bulan yang suci ini juga bisa kita jadikan momentum untuk peningkatan kemampuan dan kreativitas diri. Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu ikuti atau memberikan inspirasi untuk jadikan Ramadan kamu lebih berarti.

 

1. Komik Jurnal Hayati Spesial Ramadan oleh @ardinaree

Jurnal Hayati Spesial Ramadan (Sumber: webtoon.com)

Menceritakan kehidupan seorang remaja putri bernama Hayati. @ardinaree menyajikan keseruan Hayati dalam melewati bulan Ramadan yg dikemas dalam bentuk komik yang dapat kita nikmati di laman webtoon. Yuk simak kisahnya!

 

2. Artwork.A.Day oleh Hijabographic

Artwork A Day oleh @hijabographic (Sumber: Instagram @hijabographic)

Dalam rangka meramaikan syiar Islam dengan karya-karya visual di bulan Ramadan, kali ini Hijabographic kembali menggelar #HijaboRamadhanChallenge. Kamu bisa ikutan dengan meng-upload foto karya dari tema yang sudah ditentukan dengan caption berfaedah setiap harinya. Akan ada surprise challenge berhadiah juga nantinya di hari-hari tertentu. Ikutan yuk!

 

3. #30HariPosterRamadhan oleh @keluarganasjem

#30HariPosterRamadhan oleh @keluarganasjem (Sumber: Instagram @keluarganasjem)

Tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh komunitas hijabographic, @keluarganasjem sebuah komunitas dakwah dunia maya juga mengajak kamu-kamu semua yang ingin berkarya sekaligus berdakwah melalui media poster untuk ikut berpartisipasi pada #30HariPosterRamadhan.

Poster dakwah dapat dibuat manual ataupun digital, bisa berisi ayat Al-Quran, hadist, perkataan ulama, ataupun quote lain sesuai dengan tema-tema yang telah ditentukan. Pada akhirnya poster-poster yang terkumpul akan diseleksi dan akan dijadikan buku. Menarik ya!

4. #RamadhanProduktif Seminggu bisa coding oleh Codepolitan

#RmadhanProduktif oleh Codepolitan (Sumber: codepolitan.com)

Adalah sebuah pelatihan belajar coding secara intensif selama seminggu penuh yang diadakan oleh codepolitan. Dengan program #RamadhanProduktif ini diharapkan, bulan suci Ramadhan selain sebagai momen meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan, juga bisa berperan sebagai momen untuk akselerasi peningkatan kualitas diri dengan skill baru yang berguna untuk masa depan. Dalam hal ini adalah skill dalam coding. Keren ya!

Leave a Reply