KeMANGTEER, Jiwa-Jiwa Peduli Mangrove Pesisir

Alam merupakan sumber kehidupan. Kepedulian terhadap alam adalah kepedulian terhadap masa depan masyarakat dan Bangsa. Menyelamatkan alam berarti bahwa menyelamatkan kehidupan.

Hutan mangrove merupakan hutan yang memiliki habitat di Pesisir pantai teluk yang terlindung, pulau di lepas pantai, laguna, muara sungai, delta, dan rawa. Hutan ini berperan dalam menahan abrasi pantai, mencegah masuknya air laut ke daratan (intrusi air laut), sebagai tempat berlindungnya berbagai jenis ikan, udang dan  biota laut lain, serta merupakan habitat berbagai jenis burung, mamalia,  dan reptil. Sedangkan secara ekonomi, hutan mangrove dapat menjadi tempat rekreasi dan pariwisata, dapat diolah menjadi makanan dan obat serta dijadikan bahan baku industri.

Indonesia adalah negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia. Namun, semakin maraknya pembukaan tambak, pengambilan kayu, reklamasi lahan, serta berbagai aktivitas merugikan lainnya, menyebabkan keberadaan hutan mangrove Indonesia semakin terancam.

Keberadaan hutan mangrove yang terancam ini menumbuhkan perhatian dari berbagai pihak yang peduli dengan kelestarian mangrove yang akan berdampak pada masa depan Indonesia, terutama dampak langsungnya pada wilayah pesisir. Salah satunya adalah lahirnya komunitas bernama KeMANGTEER di bawah manajemen Yayasan IKAMAT. KeMANGTEER yang merupakan singkatan dari Kesemat Mangrove Volunteer merupakan sebuah komunitas sukarelawan mangrove yang memiliki visi dan misi untuk mengkampanyekan mangrove ke seluruh lapisan masyarakat, sebagai sebuah gaya hidup, baik di dalam maupun di luar negeri. KeMANGTEER telah terbentuk di 8 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Semarang, Malang, Yogyakarta, Tangerang, Serang, Medan, dan Langsa.

Sejauh ini KeMANGTEER telah berhasil melahirkan ribuan volunteer (baik yang telah menjadi alumni maupun yang masih berstatus pengurus) yang peduli dan bergerak untuk menyelamatkan ekosistem mangrove. Volunteer mangrove adalah para generasi muda dari berbagai latar belakang yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, maupun yang telah menjadi alumni Perguruan Tinggi. Dengan menjalin kerja sama dengan berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat, KeMANGTEER melakukan upaya-upaya terkait pelestarian mangrove. Tidak hanya LSM, KeMANGTEER juga telah menarik perhatian beberapa perusahaan di Indonesia untuk menggunakan dana CSR dalam mendukung pergerakan KeMANGTEER.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh KeMANGTEER adalah

Kegiatan Tanam dan Pelihara (ketapel) Mangrove

Kegiatan tanam dan pelihara mangrove bertujuan untuk rehabilitasi hutan mangrove yang telah mengalami kerusakan.

Kegiatan Tanam dan Pelihara Mangrove KeMANGTEER Jakarta (Sumber : kemangteer.org)
Kegiatan Tanam dan Pelihara Mangrove
(Sumber : kemangteer.org)

Kampanye Penyelamatan Mangrove

Kampanye penyelamatan Mangrove dilakukan untuk memberikan pengetahuan serta menumbuhkan kesadaran masyarakat agar lebih peduli dengan keselamatan hutan mangrove. Kampanye penyelamatan mangrove dilakukan oleh KeMANGTEER tidak hanya melalui jejaring sosial tetapi juga dengan langsung turun melakukan aksi menyuarakan penyelamatan mangrove di jalanan kota, saluran radio, bahkan melalui siaran televisi.

KeMANGTEER Jakarta Kampanye di Bundaran HI (Sumber : kemangteer.org)
KeMANGTEER Jakarta Kampanye di Bundaran HI
(Sumber : kemangteer.org)
KeMANGTEER Semarang Live di Best FM (Sumber : kemangteer.org)
KeMANGTEER Semarang Live di Best FM
(Sumber : kemangteer.org)
KeMANGTEER medan dalam program talkshow “Kongkow” di Sindo Televisi Medan (Sumber : kemangteer.org)
KeMANGTEER medan dalam program talkshow “Kongkow” di Sindo Televisi Medan
(Sumber : kemangteer.org)

Mangrove Camp

Dengan mengikutsertakan pemuda-pemuda yang tidak tergabung di dalam KeMANGTEER, mangrove camp menjadi sarana untuk lebih intens dalam mengedukasi pemuda mengenai mangrove baik terkait kondisi mangrove saat ini serta mempelajari teknik penanaman mangrove yang langsung di aplikasikan oleh peserta.

Mangrove Camp KeMANGTEER Medan (Sumber : kemangteer.org)
Mangrove Camp KeMANGTEER Medan
(Sumber : kemangteer.org)

Mangrove Goes To School

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan para siswa mengenai mangrove serta manfaatnya terhadap lingkungan dan masyarakat

KeMANGTEER Jakarta, Mangrove Goes To School (Sumber: kemangteer.org)
KeMANGTEER Jakarta, Mangrove Goes To School
(Sumber: kemangteer.org)

Nah, sobat positif.. masih banyak kegiatan-kegiatan positif lain yang dilakukan oleh KeMANGTEER, karena KeMANGTEER di setiap regional bebas berekspresi melakukan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di wilayahnya.

Teman-teman KeMANGTEER berharap agar dengan hadirnya mereka di tengah-tengah masyarakat, dapat menjadi pemicu lahirnya generasi-generasi baru yang menjadi relawan mangrove, serta semakin banyaknya pihak yang menaruh perhatian pada mangrove sehingga tidak terjadi lagi penebangan-penebangan liar serta berbagai aktivitas merugikan lainnya sehingga hutan mangrove Indonesia dapat terjaga dan terselamatkan.

Dalam wawancara Indonesia Positif dengan Sekretaris Jendral KeMANGTEER Indonesia, Doni Latuparisa menghimbau kepada para pemuda agar lebih membuka pikiran terhadap setiap kondisi dan permasalahan di lingkungan sekitar. Bentuk kepedulian terhadap masyarakat bukanlah hanya sekedar melakukan bakti sosial, tetapi lebih dari itu. Kepedulian terhadap masyarakat adalah kepedulian terhadap semua aspek yang bersentuhan dengan masyarakat, salah satunya adalah alam. Alam membutuhkan perhatian kita semua.

Alam merupakan sumber kehidupan. Kepedulian terhadap alam adalah kepedulian terhadap masa depan masyarakat dan Bangsa. Menyelamatkan alam berarti bahwa menyelamatkan kehidupan. Mari sama-sama kita lestarikan.

 

Dian Ramadhani

Dian Ramadhani

Biarkan tulisan yang mengabarkan..

Leave a Reply