Komunitas SHARE, Semua Bisa Berbagi

“Mulanya komunitas ini terbentuk termotivasi dari keadaan remaja yang serba konsumtif, sehingga komunitas ini dibentuk untuk membudayakan sikap kesetiakawanan sosial, saling peduli dan berbagi di kalangan remaja” – Inka Alamanda Nasution –

Betapa bangganya para pendiri bangsa ini jika mereka mendengar kabar bahwa generasi mudanya memiliki hati nurani yang memikirkan keberadaan lingkungan sosialnya. Sobat Positif, di balik hiruk pikuk dunia modern yang menawarkan kehidupan hedon untuk generasi muda, ternyata ada sekelompok pemuda di negeri ini yang benar-benar mengamalkan pelajaran mengenai tengang rasa, rasa saling menghargai, peduli sesama dan nilai-nilai luhur lainnya seperti yang pernah kita pelajari pada pelajaran PPKN saat duduk di bangku sekolah dasar. Tepatnya di kota Palangka Raya provinsi Kalimantan Tengah, sekelompok pemuda membentuk sebuah komunitas bernama SHARE. Dalam bahasa Inggris SHARE artinya berbagi, pada dasarnya memang kegiatan komunitas SHARE ini sangat erat dengan aktifitas berbagi. Bagi komunitas ini SHARE merupakan singkatan dari Sedekah Harian Remaja (SHARE).

Bersama Inka Alamanda Nasution, selaku salah seorang bagian dari pegiat komunitas SHARE menuturkan kepada Indonesia Positif bahwa mulanya komunitas ini terbentuk termotivasi dari keadaan remaja yang serba konsumtif, sehingga komunitas ini dibentuk untuk membudayakan sikap kesetiakawanan sosial, saling peduli dan berbagi di kalangan remaja. Melalui komunitas SHARE , para pemuda luar biasa ini menyalurkan bantuan sosial kepada orang-orang yang tergolong kedalam golongan yang berhak menerima zakat.  Sobat Positif, bantuan yang diberikan dikemas dalam bentuk bingkisan sehingga penerimanya senang dan merasa mendapat kejutan, ini merupakan sebuah kreatifitas dalam berbuat kebaikan. Bantuan yang diberikan berupa sembako dan barang-barang konsumsi sehari-hari yang diperlukan. Bantuan juga sering berupa alat-alat untuk fasilitas Masjid/Musholla.

sedekah harian remaja
Berbagi dalam bentuk bingkisan oleh Sedekah Harian Remaja

Selain berbagi dari sisi materi, komunitas SHARE juga berbagi wawasan kepada teman-teman sesama remaja yang tidak sebenruntung mereka dalam mengenyam pendidikan. Sebagai orang-orang berpendidikan,pegiat komunitas SHARE membina remaja muslim agar berwawasan Islam, melatih kepemimpinan dan berbagi informasi beasiswa serta saling menyemangati. ”Menurut kami, sikap berbagi itu sangat berarti dan harus ditumbuhkan dalam jiwa Remaja khususnya pelajar. Sebab, dengan berbagi akan mendatangkan kebaikan di antara kita seperti terjalinnya silaturrahim, tumbuhnya jiwa saling peduli antara mereka yang berkecukupan dengan yang tidak mampu, bertambahnya rezeki, stabilnya keadaan sosial, terminimalisirnya kejahatan, dll. Potensi zakat di Indonesia Rp200 Trilyun, sementara yang sadar untuk membayar kewajibannya hanya 15% dari jumlah yang besar tersebut. Ini disebabkan kurangnya rasa berbagi kepada saudaranya yang kurang mampu. Oleh sebab itu, SHARE ingin memberantas hal yang demikian dan menumbuhkan jiwa berbagi dalam diri mereka sebagai generasi harapan”, panjang lebar Inka menjelaskan.

Dalam menjalankan misi berbaginya komunitas SHARE memiliki area-area yang berpusat di sekolah-sekolah. Ada duta dari masing-masing kelas yang disebut dengan duta SHARE. Duta SHARE berperan dalam mengumpulkan donasi langsung dari masing-masing siswa. Jika donasinya tidak langsung bisa melalui rekening bank. Sobat Positif, tetap saja ada hal-hal yang menjadi kendala bagi komunitas SHARE, misalnya sulitnya mendapat kepercayaan orang yang ingin bersedekah lewat SHARE, kemudian kondisi duta SHARE yang masih kurang percaya diri dalam mengumpulkan tagihan sedekah kepada siswa.Meski demikian, usaha positif dalam menanamkan budaya berbagi yang dilakukan komunitas SHARE patut diacungi jempol. Ada dua cara untuk bergabung degan komunitas SHARE, pertama untuk kalangan sekolah, maka harus bersedia menjadi duta SHARE disekolah dan yang kedua untuk kalangan umum bisa langsung bergabung dengan menghubungi contact person SHARE 085828064334. Saat ini aktiftas SHARE adalah seputar aksi kepedulian terhadap rakyat sipil korban kejahatan perang di Suriah. Buat Sobat Positif yang ingin tahu lebih banyak kegiatan komunitas SHARE bisa mengikuti akun facebook komunitas SHARE. “Hidup kita bukan soal diri kita sendiri tapi juga untuk orang lain,  mari lebih bermanfaat dan SHARE (sedekah harian remaja) adalah sebagai jembatan untuk menjadikan kamu sebagai generasi yang mampu berbagi kepada sesamamu,  terutama mereka yang membutuhkan.  Karena SHARE memiliki tagline Semua Bisa Berbagi ”, pungkas Inka di akhir wawancara.

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply