Konsep Baru Jelajah Alam Ala Sohib Nature

Sohib Nature adalah penyedia jasa pemandu khusus jelajah alam yang didirikan oleh darmawan saputra pada tahun 2013 lalu. Berawal dari hobi jelajah alam yang sudah dilakoninya sejak menjadi mahasiswa, alumni fakultas ekonomi dan bisnis USU ini memulai usaha sebagai penyedia jasa pemandu untuk jelajah alam. Sohib nature lahir bermula dari kekhawatirannya dengan tangan-tangan jahil penjelajah yang merusak keindahan tempat-tempat wisata kemudian ia mewarkan konsep jelajah alam yang berbeda melalui Sohib Nature. Pria yang kerap disapa mawan ini menawarkan jasa jelajah yang tidak hanya mencari spot yang bagus untuk selfie, tapi juga menawarkan peserta jelajah untuk memberikan manfaat timbal balik pada alam dan masyarakat sekitar tempat wisata tersebut. Saat ini Sohib Nature mempunya fasilitas tujuh orang pemandu yang dua orang diataranya adalah wanita. Dalam waktu lima tahun ini sohib nature akan melayani perjalanan daerah sumbagut (Sumatera Utara dan Aceh ).

PhotoGrid_1438360796542

Mawan bersama Sohib Nature-nya akan mengajak peserta menikmati  liburan lain dari biasanya. Jika biasanya kita berwisata kepulau hanya untuk rekreasi, maka teman-teman Sohib Nature akan mengajak kita untuk menjelajahi pulau sembari berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Seperti pada perayaan 17 agustus tahun ini, Sohib Nature mempunyai program menjelajahi Pulau Banyak yang berada di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Tidak sekedar bermain air dan mengambil foto selfie tetapi sohib nature mengajak peserta tour melakukan upacara pengibaran bendera bersama dengan masyarakat setempat, bahkan beberapa ibu-ibu sampai menangis terharu karena baru kali ini menghadiri upacara pengibaran bendera. Selain itu Sohib Nature juga mengajak peserta untuk bersilaturrahim dengan tokoh masyarakat setempat dan memberikan masukan-masukan bagaimana cara memanfaatkan sumberdaya alam untuk kemakmuran masyarakat serta memberikan contoh bagaimana cara membuat hiasan dari hasil laut untuk nanti bisa dijadikan sebagai mata pencarian bagi penduduk.

12006748_10204865622827888_1884840380_o

Kepedulian sohib nature terhadap alam tampak pula saat peringatan hari kartini lalu, Sohib Nature mengajak para wanita untuk mengikuti program Si Butet Peduli Sibayak, dimana para peserta mengikuti lomba mengumpulkan sampah di Gunung Sibayak, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Bagi peserta pengumpul sampah terbanyak akan diberikan hadiah berupa paket liburan. Dari kegiatan ini Sohib Nature mengajak kita lebih peduli pada alam dan menjaga dengan baik semua keindahan alam yang dikaruniakan Tuhan.

12002000_10204865620187822_479300712_o

Yang tak kalah menarik adalah program sohib nature yang diberi nama “Virus O2-ku”, dimana setiap peserta tour akan diberikan bibit pohon buah yang harus ditanam dan nantinya akan didata oleh tim Sohib Nature dimana lokasi penanamannya. Semakin banyak pohon yang tertanam, maka bumi ini semakin nyaman untuk kita tinggali. Bagi mawan, alam Indonesia adalah karunia yang indah dari Sang Pencipta termasuk masyarakatnya, kearifan budaya dan adat istiadatnya. Maka dari itu kewajiban kitalah untuk menjaga dan melestarikannya agar anak cucu kita dapat menikmati anugerah alam yang indah ini.

Nadya Syahidah

A dentist,traveller,mengikat ilmu dengan aksara

Leave a Reply