Kopi Pupuan Berjaya di Singapore

habib2
Habibie dan rekan-rekan menghadiri acara Asia Young Sociopreneurship Leader Exchange, Singapore (28 November-2 Desember) (Dok : Habibie Satrio Nugroho).

Pada ajang Asia Young Sociopreneurship Leader Exchange (2/12) yang diadakan di Singapore, Habibie Satrio Nugroho (19) berhasil meraih penghargaan 1st Winner Business Plan Award. Ide bisnis yang diusung Habibie yaitu “Coffe Network Pupuan”, bersama rekan satu timnya Habibie berhasil mengalahkan 50 peserta dari berbagai negara.

Seperti namanya, Coffe Network Pupuan nantinya akan diwujudkan menjadi cafe yang berbeda. Dimana kopi harus berasal dari kota Pupuan dan yang berjualan nantinya juga masyarakat asli Pupuan. Kota Pupuan merupakan kota kecil di Bali, infrastruktur menuju kota tersebut terbilang tidak memadai, sehingga Habibie dan tim ingin meningkatkan kondisi ekonomi daerah Pupuan.

habib
Habibie Satrio Nugroho mewakili seluruh Tim Coffe Network Pupuan mendapat penghargaan sebagai The 1st Winner Business Plan Award. (Dok : Habibie Satrio Nugroho)

Ide bisnis tidak hanya meraup untung yang besar namun juga harus memberikan social impact untuk orang-orang disekitarnya. Inilah kunci keberhasilan Habibie, Lestari, Taufik, Arwin, Kezia dan Astri sehingga membawa Kopi Pupuan terdengar di panggung bisnis Asia. Social impact yang tawarkan diantaranya edukasi. Petani dan pembuat kopi akan dibekali manajemen pengolahan bisnis kopi bertaraf internasional, diantaranya adalah bagaimana cara menanam kopi yang baik, pengolahan kopi sesuai dengan standar serta strategi pemasaran dan teknik  penjualan yang efektif.

“Kopi Pupuan itu enak tapi tidak begitu dikenal banyak orang,” ujar Habibie. Mereka sepakat untuk mematok harga Rp 55.000 untuk setiap satu kilogram kopi agar petani tidak rugi ketika hasil panennya dijual. Harga yang ditawarkan sebanding dengan packaging serta kualitas mutu produk yang mereka hasilkan.

Coffe Network Pupuan akan melebarkan sayapnya di ajang bisnis tingkat dunia, yaitu “Young Socio Enterpreneurship”. Habibie berharap mendapat tempat di hati para juri sehingga nantinya Coffe Network Pupuan dapat membuka cabang di seluruh Indonesia.

Leave a Reply