Lebih dari 350 relawan di Kota Medan BERGERAK untuk Indonesia Bebas Sampah 2020

21 Februari, adalah hari yang ditetapkan sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Sobat positif pastinya masih mengingat tragedi gunungan sampah dari TPA Leuwi Gajah Longsor yang menimbun dua perkampungan sehingga menyebabkan tewasnya ratusan jiwa karena peristiwa tersebut pada 21 februari 2005. Nah, semenjak terjadinya bencana tersebut, 21 februari ditetapkan sebagai Hari Peduli Sampah Nasional untuk menjadi pengingat bagi masyarakat Indonesia mengenai kondisi permasalahan sampah di Indonesia.

Hari ini, 21 Februari 2016, dilakukan secara serentak kegiatan kerelawanan dan kolaborasi berbagai komunitas dalam BERGERAK untuk Indonesia Bebas Sampah 2020. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 1.014 komunitas, di 155 Kota/Kabupaten, yang telah mewakili 34 Provinsi  di Indonesia.

Di kota Medan, kegiatan BERGERAK untuk Indonesia Bebas Sampah 2020 diikuti oleh lebih dari 350 orang relawan yang terdiri dari 30 komunitas yang ada di Kota Medan serta berbagai kalangan dari masyarakat umum dan mahasiswa yang tidak ingin ketinggalan untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap permasalahan sampah di Kota Medan. Gerakan ini dikoordinir oleh YFCC (Youth For Climate Change) sebagai kolaboratornya. Bentuk kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2016 ini dilakukan dengan melakukan kerja bakti berupa berjalan santai sambil melakukan gerakan pungut sampah dan pilah sampah. Kegiatan jalan santai ini dilakukan dari Taman Teladan menuju Taman Edukasi Avros. Gerakan ini juga didukung aplikasi android phiRUNtrophy, dimana setiap 1 kilometer berjalan/berlari akan mendonasikan Rp 2000,- untuk portal www.BebasSampah.ID untuk perkembangan riset, dan penyelesaian solusi sampah di Indonesia. Setelah melakukan kegiatan kerja bakti, juga dilakukan diskusi santai mengenai sampah, dan Indonesia menuju #BebasSampah2020.  Selain itu, para relawan dalam gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020 di Kota Medan ini juga melakukan pembersihan sungai Deli dengan berkolaborasi dengan komunitas Go River.

Jalan Santai dari Taman Teladan Menuju Taman Edukasi Avros
Jalan Santai dari Taman Teladan Menuju Taman Edukasi Avros

 

Nah.. sobat positif, kegiatan “BERGERAK Untuk #lndonesiaBebasSampah2020 merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap permasalahan sampah di Indonesia yang tak kunjung bisa diatasi. Seiring perjalanan waktu, sampah di Indonesia semakin bertambah banyak. Tidak hanya permasalahan sampah yang tidak dibuang pada tempatnya, tetapi juga pola hidup masyarakat Indonesia yang masih konsumtif dan masih belum bisa meminimalkan sampah. Di Indonesia, sampah plastik semakin menjadi masalah yang menuntut untuk segera ditanggulangi,  keberadaan sampah plastik yang sangat sulit untuk bisa terurai di lingkungan menyebabkan sampah plastik ini semakin menggunung  setiap tahunnya.

Oleh karena itu, BERGERAK untuk  Indonesia Bebas Sampah 2020 bukanlah sebuah euforia sehari untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional saja. Tetapi BERGERAK yang dimaksud disini adalah berkontribusi setiap hari untuk mengatasi permasalahan lingkungan di Indonesia setiap harinya. Mulai dari mengurangi sampah, memilah sampah, meletakkan sampah pada tempatnya, serta melakukan pengelolaan untuk mengurangi jumlah sampah di lingkungan.

Sobat positif, Yuk BERGERAK!!

Dian Ramadhani

Dian Ramadhani

Biarkan tulisan yang mengabarkan..

One thought on “Lebih dari 350 relawan di Kota Medan BERGERAK untuk Indonesia Bebas Sampah 2020

  • February 26, 2016 at 8:02 am
    Permalink

    Setuju dengan budaya bersih plastik dan sampah 2020, semoga kesadaran masing” warga membuat target bebas sampah 2020 dapat tercapai. Semua dimulai dari diri sendiri..

    Reply

Leave a Reply