MASIH SMA, ARIVIA BERHASIL MENDIRIKAN TERAS BACA MADIUN

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Kun anta tazdada jamala, Allah yuftah alaikum.

Semangat dan aura positif terlihat jelas dari mottonya, Arivia Rahmadiani (17 tahun). Arivia adalah salah satu pelopor Inspirator Indonesia Local Chapter Madiun (IILC Madiun) yang lagi dalam progress. Tahukah anda sobat positif??? Arivia masih SMA loo dan berhasil membuat kegiatan yang sangat inovatif. So, pendidikan bukan menentukan kamu bisa bermanfaat untuk orang lain atau tidak, selama ada niat, It can happen and which way we choose.

Arivia berhasil mendirikan perpustakaan sederhana terbukanya yang diberi nama “Teras Baca Madiun” pada tanggal 17 Mei 2016 di Kabupaten Madiun. Arivia ingin anak-anak di tempatnya tinggal bisa meningkat minat bacanya. Oleh karena itu, arivia mengumpulkan koleksi buku-bukunya walau masih seadanya.  Saya mendirikan Teras Baca Madiun dengan latar belakang berikut. Meningkatkan minat baca anak sejak dini perlu didampingi dengan lingkungan yang mendukung. Karena menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung anak untuk membaca merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca anak sejak dini dan sebagai upaya menjauhkan gadget maupun tayangan televisi yang tidak mendidik kemudian terbiasa untuk membaca. Oleh karena itu saya membuka perpustakaan terbuka rutin dibuka setiap hari yang diberi nama “Teras Baca Madiun”

Sobat positif, penulis sangat tertarik mengangkat ceritanya Arivia bukan hanya backgroundnya yang masih pelajar SMA, sebab Teras Baca Madiun memilik kegiatan yang berbeda dan bukan seperti perpustakaan yang hanya sebagai fasilitas belajar atau membaca. Ramadhan tahun ini, Kegiatan Go Green For Children berhasil terlaksana tepatnya Minggu, 12 Juni 2016. Kegiatan ini diikuti oleh 15 anak dengan tujuan untuk memberikan pendidikan berbasis lingkungan dan diikuti dengan parkek lapangan sehingga anak-anak tersebut peduli dan bertanggungjawab terhadap lingkungannya. Mereka diajari cara menanam pohon dengan baik dan benar.

tbm

Benih-benih tanaman yang disediakan sawi, bayam, kangkung, kacang hijau, terong, dan lain-lain yang kemudian ditanam di polybag dan tanah yang telah disediakan. Anak-anak bisa memilih sendiri tanaman apa yang ingin mereka hasilkan. Sebelumnya, mereka telah dibekali pengetahuan tentang pentingnya tanaman tersebut, pengaruhnya terhadap lingkungan, serta cara merawatnya dengan baik. mereka juga diberik amanah untuk merawat tanaman mereka sendiri seperti menyiramnya tiap hari dan meletakkan polybag di tempat yang cukup sinar matahari agar dapat tumbuh dengan baik. Perkembangan tersebut dilaporkan dalam bentuk catatan. Setiap polybag sudah diberikan nama sehingga tidak akan tertukar. Kemudian, Polybag yang berisi benih tadi disusun disamping Teras Baca Madiun agar terkena sinar matahari. Anak-anak bisa datang kapan saja untuk memantau perkembangan tanaman mereka.

13381221_1200492643334419_744767275_n

Anak-anak tersebut sangat bersemangat dan tidak sabar melihat hasil kerja keras mereka. Kebahagiaan tersediri ketika tanaman yang ditanam tumbuh subur dan menghasilkan sayuran yang segar. Bahkan anak-anak tersebut mengusulkan jika sudah panen, hasilnya dijual ke pasar untuk tambahan beli buku karena mereka sudah bosan membaca berulang kali buku yang sama di rak-rak Teras Baca Madiun. Hal ini semakin membuat Arivia dan rekan-rekan IILC Madiun lainnya bersemangat untuk terus membimbing anak-anak ini serta berniat untuk melakukan kegiatan lainnya yang bernilai pendidikan dan ekonomi.

Kita doakan ya sobat positif, semoga kegiatan ini menginspirasi pemuda-pemudi lainnya dan harapan mereka terkabul… aaamiin ya Robb

Syafriana Sitorus

Syafriana Sitorus

Public Health of North Sumatera University, as Research Assistant "Dreams are fact for tomorrow... Menginspirasi dan Memotivasi, My simple dakwah"

Leave a Reply