Membentuk Karakter Melalui Paskibra

Sobat positif, kali ini salah satu dari tim Indonesiapositif.com secara khusus meliput kegiatan  perlombaan yang dilaksanakan oleh PASBRATA (Pasukan Barisan Tertata) di SMA Negeri 8 Medan. PASBRATA adalah organisasi paskibra yang berdiri di SMA Negeri 8 Medan sejak tahun 2000. Kegiatan yang dilaksanakan oleh PASBRATA ini, berbentuk sebuah kompetisi perlombaan Paskibra yang diikuti beberapa sekolah di Kota Medan dan sekitarnya. Kegiatan ini pun diberi nama ARTIS 8 (Ajang Kreatifitas Siswa 8). Tujuan PASBRATA membuat kompetisi ini bukan hanya semata sebagai sarana setiap paskibra untuk  berkompetisi, tetapi juga untuk tetap menjalin silaturahim diantara sesama satuan dan juga untuk saling menumbuh kembangkan bakat kreatifitas yang ada pada diri setiap anggota paskibra di masing-masing sekolah.

Peserta lomba Pakibra di SMA N 8 Medan (Foto: Habibie)
Peserta lomba Pakibra di SMA N 8 Medan (Foto: Habibie)

Melihat permasalahan dikehidupan siswa sekarang ini, banyak siswa-siswa yang hampir tidak memiliki moral dan ilmu pengetahuan yang luas. Sekarang banyak yang terjerumus ke arah negatif mulai dari pemakaian narkoba, gengmotor, tawuran antar pelajar dan begal. Sangat disayangkan generasi muda saat ini yang harus terjerumus ke arah sana. Penyebabnya karena kurangnya ladang ataupun arahan dari guru serta orangtua, hingga anak tersebut tidak bisa membentuk karakter diri mereka sendiri. Hal seperti ini yang membedakan seseorang yang hanya menjadi siswa biasa, dan mereka hampir banyak membuang waktu-waktu bermanfaatnya yang dimana waktu itu tidak bisa diulang kembali dengan seseorang yang memiliki waktu-waktu padat bermanfaat seperti hal nya mengikuti ekstrakurikuler paskibra.

Melihat sisi lain dari seorang anak paskibra, anak paskibra bukan sekedar memiliki jiwa berkompetisi semata tetapi dari sisi lain seorang anak paskibra memiliki jiwa berkarakter, jiwa kepemimpinan  dan juga jiwa sosial yang tinggi. Sebab di paskibra tidak hanya dilatih untuk menjadi seorang yang pandai baris-berbaris saja. Mengikuti ekstrakurikuler paskibra adalah pilihan tepat untuk kalian yang memiliki keinginan yang tinggi terhadap kepemimpinan dan sosial, sebab di paskibra di ajarkan untuk terus displin dalam segala hal apapun. Memilih untuk mengikuti ekstrakurikuler paskibra berarti kita siap untuk menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain, sebab disini paskibra akan memiliki waktu yang sangat bermanfaat di setiap menit nya, hampir waktu-waktu anak paskibra itu tidak ada yang terbuang sia-sia. Dari sinilah mengapa, anak paskibra tidak pernah terjerumus ke arah negatif karena mereka memiliki waktu yang padat dan bermanfaat, dan juga memiliki waktu untuk melatih dan membentuk karakter jiwa disiplin yang tinggi sebagaimana mestinya harus dimiliki siswa-siswa sekarang ini.

“Ketahuilah mentalnya anak paskibra sekuat baja”, ujar Syafrial Aulia Hutasuhut salah seorang paskibra dari sekolah MAN 2 Model Medan. Dalam wawancara dengan indonesiapositif.com, Syafrial juga mengungkapkan paskibra harus bisa menjadi sarana tempat melatih fisik, mental dan karakter bagi siswa-siswa di Indonesia. Karena di paskibra sendiri kita bakal mendapatkan sebuah pengalaman baru yang menjadi bekal untuk kita di masa depan. Harapan besar dari seorang siswa sekolah menengah dasar ini, agar kedepannya paskibra lebih dilirik dan dimanfaatkan sebab anak paskibra adalah generasi emas masa depan.

Leave a Reply