Menghabiskan Sore di Bantaran Sungai Kahayan Palangka Raya

Sungai Kahayan dengan lebar 450 m meliuk panjang membelah kota Palangka Raya ibu Kota Kalimantan Tengah. Sungai Kahayan memiliki ketertarikan tersendiri bagi masyarakat dan pengunjung yang datang ke kota Palangka Raya. Sebagai salah satu ikon kota Palangka Raya, sungai Kahayan menjadi salah satu pilihan tempat untuk mengambil foto dan menghabiskan waktu di sore hari.

IMG-20150825-WA0033
Credit: Photo by Dimas Rizal Hakimudin

Menjelang sore keramaian tampak disekitar Sungai Kahayan, hal pertama yang kamu harus lakukan di sekitar sungai Kahayan adalah menyeberang jembatan Kahayan, dengan menyeberang jembatan Kahayan Anda dapat menikmati pemandangan sungai Kahayan dan aktifitas warga di sekitarnya. Bukan sekeder sungai Anda akan menjumpai spot lain di sekitar sungai Kahayan. Salah satu Spot yang wajib Anda kunjungi adalah taman Kota. Di taman Kota ini baru saja diresmikan sebuah tugu berupa patung Soekarno pada tanggal 1 Agustus 2015 lalu.Taman Kota persis berada dibantaran sungai Kahayan, Anda dapat mengambil foto jembatan Kahayan yang membentang gagah dari Taman ini.

 

IMG-20150825-WA0023
Credit: Photo by Dimas Rizal Hakimudin

Taman Kota yang sengaja dirancang sebagai ruang terbuka bagi publik dimanfaatkan oleh berbagai komunitas untuk berkumpul dan beraktifitas, seperti komunitas anak-anak pecinta break dance dan lainnya. Potensi wisata disekitaran taman Kota dan bantaran sungai Kahayan dimanfaatkan masyarakat untuk mengais rezeki, meski masih terlihat banyak kekurangan dalam pengelolaan potensi bisnis sungai Kahyan, setidaknya terlihat ada usaha masyarakat dan pemerintah yang mengarah kepada pengembangan sumber ekonomi dari sungai Kahyan. Anda akan menjumpai banyak jajanan dengan gerobak-gerobak kecil di sekitar taman Kota. Ada juga café-café dengan tampilan rumah adat Dayak yang menyediakan tempat duduk dan wifi untuk bersantai melihat pemandangan disekitar sungai Kahayan, sebuah pilihan yang pas untuk nongkrong bersama teman-teman. Selain meraup untung lewat bisnis jajanan, warga lainnya memanfaatkan potensi bisnis sungai Kahayan dengan menyediakan jasa berkeliling sungai kahayan dengan kapal kayu.

Sungguh sebuah nikmat yang patut disyukuri, keberadaan sungai Kahayan bukan hanya menjadi penyenang hati namun juga menjadi sumber rezeki bagi masyarakat Palangka Raya dan para pengunjung yang datang kesana.

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply