Menumbuhkan Empati Bersama Triple-P

triplep
sumber : facebook Triple-P

Triple-P (Pemuda Peduli Panti) adalah sebuah komunitas yang digagas oleh seorang pemudi asal Medan, Andini Nur Bahri. Sesuai dengan namanya, komunitas ini bertujuan untuk mengajak pemuda-pemudi Indonesia untuk peduli pada anak-anak panti asuhan.

Pada tahun 2008, Andini yang kala itu sedang berkuliah di Universitas Sumatera Utara, pernah mengikuti studi banding mahasiswa di Universitas Utara Malaysia (UUM) dan Prince of Songkla University (PSU) Thailand. Pada tahun berikutnya, ia menjadi wakil Sumatera Utara dalam Australian Indonesian Youth Exchange Program (AIYEP).

andini
sumber : technogius.blogspot.com

Karena hobinya mengajar, Andini membuka sebuah kursus bahasa Inggris untuk anak SD dan SMP di kediaman neneknya di Medan. Kursus ini menerapkan sistem siapa yang ingin membayar dipersilahkan, tapi jika tidak sanggup untuk membayar, maka tidak akan dipungut biaya.

Setahun sejak kursus ini dibuka, Andini memiliki ide baru untuk mengajar di panti asuhan yang ada di kota Medan. Hingga akhirnya, pada tahun 2011, bersama teman-teman seperjuangannya, Andini mendirikan  komunitas Triple-P yang semakin maju hingga sekarang.

volunteer Triple-P
volunteer Triple-P

Triple-P yang berpusat di kota Medan ini, kini telah merangkul 6 panti di Medan, 1 panti di Tebing Tinggi (Sumut), 2 panti di Takengon (Aceh), dan 3 panti di Lumajang (Jawa Tengah). Dan tercatat terdapat sekitar 80-an orang yang menjadi volunteer atau relawannya.

t2
salah satu panti yang dirangkul Triple-P

Adapun kegiatan rutin yang dilakukan setiap pekannya adalah mengajar di panti. Sedangkan kegiatan lain yang dilaksanakan adalah bakti sosial, pemberian baju lebaran, pembagian buku-buku bacaan, pentas seni akbar panti asuhan, dan seabreg kegiatan lainnya.

t8

t3

t4

 

Puspawati, koordinator Triple-P Medan berpesan,

“Selagi masih muda, ayo coba ciptakan kreativitas yang bisa membangun dan mengajak pemuda-pemuda lain untuk lebih peduli dengan orang lain (yang membutuhkan). Seperti misi Triple-P : Menumbuhkan empati, memperkaya kualitas diri.”

Sebuah langkah kecil untuk perubahan besar telah dilakukan oleh Triple-P. Salut untuk Triple-P! Sekarang giliran kita, Sob. Sudah buat apa untuk kemajuan negeri ini?

Share kegiatan positif yang pernah kamu lakukan sendirian atau bersama teman-teman ke redaksi@indonesiapositif.com! Kami tunggu ya. Semangat menginspirasi, Sob! 🙂

Ida Mayasari

seorang pejuang

Leave a Reply