Merawat Tawa dan Senyuman ala Komunitas Pendonor Apheresis Medan

Sobat positif tahu tidak apa itu donor apheresis?

Apheresis adalah metode donor darah dengan mengambil hanya bagian-bagian tertentu dari darah yang diperlukan dengan menggunakan alat atau mesin aferesis. Bagian-bagian darah tertentu tersebut misalnya trombosit (keping darah). Sedangkan bagian lain dari darah, akan dikembalikan ke tubuh pendonor.

pendonor
sumber gambar : website Komunitas Pendonor Apheresis Medan

Donor apheresis diperuntukkan bagi pasien yang memiliki gangguan sistem pembekuan darah, yang bisa jadi dikarenakan sering mendapatkan pengobatan dengan radiasi atau kemoterapi, seperti pasien kanker, leukemia, atau kelainan darah lainnya.

Apheresis tentunya berbeda dengan donor darah biasa atau wholeblood-donor. Jika pada wholeblood-donor pendonor hanya bisa mendapatkan 1 kantong plastik trombosit dari 10 kantong full darah (dari 10 orang pendonor), maka dengan donor apheresis 1 orang pendonor bisa langsung menghasilkan 1-3 kantong trombosit sekaligus. Selain itu, interval pendonoran apheresis ini hanya beberapa minggu. Berbeda dengan donor biasa yang harus menunggu 3 bulan. Sudah bisa dibayangkan bukan, berapa orang pasien yang bisa tertolong secara cepat berkat donor apheresis ini?

Kepedulian pada pasien pejuang kanker yang kebanyakan anak-anak ini jugalah yang mendorong pemuda-pemudi asal Medan untuk mendirikan sebuah komunitas bernama Komunitas Pendonor Apheresis Medan. Tujuan dari komunitas ini adalah untuk memudahkan pasien mendapatkan pendonor darah, khususnya apheresis, secara sukarela dalam waktu yang cepat.

logo

Komunitas ini didirikan pada tanggal 3 November 2013. Hampir dua tahun komunitas ini berdiri. Kini, terdapat sekitar 128 orang yang terdaftar menjadi pendonor tetap di Komunitas Pendonor Apheresis Medan, baik untuk pendonor apheresis atau pendonor darah biasa.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Pendonor Apheresis Medan selain mendonorkan darah adalah mengadakan kegiatan yang bersifat menghibur bagi adik-adik pejuang kanker. Kegiatan tersebut diberi nama Fun Theraphy yang dilakukan setiap bulan. Pada kegiatan ini, adik-adik akan diajak bermain ke salah satu tempat bermain di sebuah mall besar di Medan.

Selain kegiatan yang bersifat menghibur, ada juga kegiatan yang bersifat informatif sekaligus mengeyangkan, seperti Pekan Gizi. Seperti namanya, Pekan Gizi diadakan setiap pekan. Komunitas Pendonor Apheresis Medan akan memasak makanan atau membuat minuman yang bergizi untuk adik-adik di rumah sakit, sekaligus berbincang dan berdiskusi dengan orang tua mereka.

pekan ceria bersama adik-adik pejuang kanker
sumber gambar : semedan.com

Pada kesempatan yang lain, komunitas Pendonor Aferesis Medan juga mengajak berbagai komunitas lain di Medan, seperti komunitas cosplayer, biola, dan komunitas Kampung Dongeng Medan, untuk menghibur adik-adik di rumah sakit. Atau secara dadakan mengadakan berbagai lomba kreatif.

sumber gambar : website Komunitas Pendonor Apheresis Medan
sumber gambar : website Komunitas Pendonor Apheresis Medan

Senyuman anak-anak adalah senyuman paling tulus dan lugu. Senyum dan tawa mereka lah yang berusaha terus dirawat oleh komunitas Pendonor Apheresis Medan. Darah yang para pendonor alirkan memberikan kehidupan dan semangat baru bagi adik-adik pejuang kanker. Seberapa merah darahmu, Sob? Seberapa berani kita berkorban untuk orang lain? Semua yang kita miliki sebenarnya bukan milik kita. So, beranilah berbagi, Sobat!

Ida Mayasari

seorang pejuang

Leave a Reply