Momentum Kemerdekaan RI Ke-70, USU Memberikan Penghargaan Untuk Dosen dan Mahasiswa Berprestasi

Sebuah “kemerdekaan” yang lahir dari perjuangan titisan darah dan harta benda untuk bisa mengibarkan sang Merah Putih di Tanah ibu pertiwi ini.

Senin, 17 Agustus 2015 merupakan peristiwa bersejarah dalam catatan kehidupan Indonesia. Peringatan kemerdekaan juga dilaksanakan oleh Universitas Sumatera Utara (USU) yang merupakan salah satu kampus ternama di Sumatera Utara. Peringatan momentum kemerdekaan RI ke-70 tahun ini dilaksanakan melalui upacara bendera yang dipimpin oleh Pejabat Rektor USU, Prof. Subhilhar, Ph. D.

FB_IMG_1439835197167Seluruh dosen, staf kepegawaian, staf ahli rektorat dan dekanat dari berbagai fakultas serta mahasiswa USU berkumpul untuk mngikuti upacara bendera di halaman Biro Rektor USU. Sekitar pukul 08.10 WIB, upacara pengibaran bendera dimulai. Seluruh peserta mengikuti rangkaian acara dengan hikmat. Setelah pengibaran bendera selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian Tanda Kehormatan Satyalancana karya Satya yang terdiri dari Satyalancana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun kepada dosen yang telah mengabdi di Universitas Sumatera Utara. Hal ini bertujuan sebagai penghargaan atas jasa-jasa para dosen serta sebagai motivasi dalam meningkatkan pengabdian dan prestasi kerja. Sekitar 52 Orang dosen yang mendapatkan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun, Sekitar 54 Orang dosen untuk Satyalancana Karya Satya 20 Tahun, dan Sekitar 54 Orang dosen untuk Satyalancana Karya Satya 10 Tahun.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan 33 orang mahasiswa berprestasi individu dan beregu yang berhasil meraih kejuaraan nasional dan internasional pada tahun 2015 oleh Kepala Biro Kemahasiswaan, Ibu Dra. Hindun Pasaribu. Pemberiaan penghargaan berupa sertifikat dan uang tunai langsung diserahkan oleh Pejabat Rektor USU, Bapak Prof.Subhilhar, Ph.D kepada perwakilan mahasiswa berprestasi yang berasal dari fakultas yang berbeda-beda. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi USU terhadap perjuangan mahasiswa yang telah mengharumkan nama USU dan bisa memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi.

FB_IMG_1439788443444_resized

Muhammadin (22 tahun) adalah salah satu mahasiswa berprestasi mewakili regunya dalam PESPARAWI (Pesta Paduan Suara Gerejawi) Bagian Folklore Tingkat Nasional. Sebagai mahasiswa asal Fakultas kesehatan Masyarakat ini, memaknai kemerdekaan RI merupakan momentum refleksi diri dari perjuangan yang telah kita lakukan untuk membanggakan Indonesia khususnya almamernya Universitas Sumatera Utara. Muhammadin juga berpesan tidak pernah takut untuk menunjukkan jati diri sebagai bangsa Indonesia dengan menampilkan kreatifitas baik di bidang sains, teknologi, dan budaya.

Upacara Kemerdekaan RI Ke -70 di Usu selesai dengan khitmat. Seluruh peserta upacara mengambil hidangan khas Indonesia yang telah disediakan di meja hidangan. Moment untuk berfoto bersama dan bersalaman pun tidak terlewatkan. Seluruh dosen, staf pegawai, mahasiswa dan perangkat kampus terlihat saling membaur. Senyum bahagia dan semangat kemerdekaan terasa mengikuti cerahnya suasana pagi itu.

Syafriana Sitorus

Syafriana Sitorus

Public Health of North Sumatera University, as Research Assistant "Dreams are fact for tomorrow... Menginspirasi dan Memotivasi, My simple dakwah"

Leave a Reply