Pemuda Palangka Raya Gelar Kampanye Anti Kebakaran Hutan dan Lahan

Minggu, 30 Agustus 2015, Bundaran besar Palangka Raya lokasi car free day dimana warga bebas berolahraga seperti bersepeda, berlari-lari kecil atau jalan sehat keliling bundaran terlihat sangat ramai. Dibalik keramaian itu ternyata ada serombongan pemuda mulai dari pelajar tingkat SD hinga Mahasiswa sedang bersiap-siap melakukan sebuah aksi.

Photo By: Basrah Nasution
Photo By: Basrah Nasution
Jpeg
Photo By: Basrah Nasution

Rombongan pemuda ini ternyata bermaksud untuk menyampaikan kampanye anti kebakaran hutan dan lahan yang belakangan ini kembali marak di Kalimantan yang akhirnya membuat udara penuh asap dan menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia dan hilangnya habitat bagi satwa. Tessa Wulandari salah seorang mahasiswi baru Fakultas Kedokteran Universitas Palangkaraya yang turut serta dalam kampanye ini menyampaikan harapannya bahwa dengan kegiatan ini semoga dapat menyadarkan masyarakat khususnya para pejabat dilingkungan pemerintahan Kalimantan Tengah agar dapat mencegah terjadinya kondisi kebakaran yang disebabkan oleh pembukaan lahan di Kalimantan.

 

Jpeg
Photo By: Basrah Nasution
Jpeg
Photo By: Basrah Nasution

Aksi para pemuda ini cukup kreatif dalam menarik perhatian warga yang sedang berolahraga di sekitaran bundaran besar lokasi car free day. Mereka memenuhi jalan berbaris rapi dengan memegang poster-poster bertuliskan tuntutan mereka. Kampanye dilakukan dengan berjalan mengelilingi bundaran dengan diiringi drum band dari SMP N 8 Palangka Raya, terlihat juga beberapa pemuda mengenakan kostum seperti pohon dan ranting serta anak kecil memeluk boneka Orangutan. Sambil berjalan sebagian lainya membagikan masker untuk warga.

 

Jpeg
Photo By: Basrah Nasution

Kampanye diakhiri dengan orasi dari beberapa mahasiswa, salah seorang orator menyampaikan semoga tidak ada lagi pembagian masker akibat kabut asap pembakaran hutan di tahun-tahun berikutnya. Kampanye ini merupakan wujud kepedulian masyarakat muda kota Palangka Raya akan pentingnya pelestarian alam dan penegakan hukum terkait pembukaan lahan dengan cara pembakaran.

 

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply