Manfaatkan Semua Kesempatan! Radhiatul Fitri Sabet Gelar Mawapres 2015

MAWAPRES singkatan dari Mahasiswa Prestasi merupakan ajang pemberian penghargaan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik. Pemilihan Mawapres dilakukan dengan seleksi yang ketat, namun bukan berarti karena seleksi ketat menjadi seorang Mawapres itu sulit. Kesulitan itu hanya kita dapatkan ketika kita membatasi diri untuk melangkah. Seperti yang dkatakan oleh bapak Rhenald Kasali dalam tulisannya berjudul Passport bahwa “bodohlah orang yang selalu memulai pertanyaan hidup, apalagi memulai visi kehidupan dan memulainya dari uang. Begitu seorang pemuda bertanya uangnya dari mana, maka ia terbelenggu dalam constraint”. Artinya memulai sebuah misi dengan uang adalah keterbatasan yang kita ciptakan untuk diri kita sendiri.

Radhiatul Fitri merupakan pemenang Mawapres Juara 7 tingkat Nasional Tahun 2015 mengalahkan ratusan mahasiswa lainnya untuk masuk dalam tahap 15 besar Mawapres Nasional. Penghargaan ini didapatkan perempuan bernama Fitri ini dimulai dari sebuah prinsip hidup yang bisa kita katakan mudah yaitu “Manfaatkan semua kesempatan”.

jepang_5[1]
OSAKA , JEPANG
Perempuan berdarah minang ini merupakan mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan Fakultas Psikologi angkatan 2011. Bermula dari memanfaatkan semua kesempatan kini serangkaian prestasi telah diraih Fitri. Pada tahun 2011, Fitri memenangkan juara 3 Paper Kespro in Action FKM UI, tahun 2012 Fitri masuk sebagai Relawan Indonesia International Work Camp (IIWC), beliau juga pernah meraih medali perak (peringkat 2) pada Olimpiade Nasional Psikologi Indonesia cabang Asesmen Tumbuh Kembang. Tahun 2014, melalui penelitiannya yang berjudul Online Game Addiction membawa Fitri menjadi salah satu perwakilan Indonesia sebagai presenter pada International Academic Conference (IACSS) Osaka, Jepang. Hebatnya lagi, Fitri bersama tim menjadi peserta yang paling muda dikalangan peserta lainnya. Hasil konfirmasi yang dilakukan Fitri dan tim, peneliti yang berhasil masuk dalam IACSS kali ini kebanyakan bergelar Master Student, Ph.D Student bahkan ada yang bergelar Professor.

Tentunya, untuk masuk ketahap ini bukan mudah. Banyak dukungan yang didapatkan Fitri dalam menyiapkan diri sebagai perwakilan Indonesia. Salah satunya adalah support system yang diberikan oleh Universitas Ahmad Dahlan khususnya Fakultas Psikologi ini. Fitri dan tim mendapatkan dukungan penuh dari pihak kampus, tidak hanya 1 dosen yang melihat perkembangan dari Fitri dan tim namun beberapa dosen ikut terlibat langsung untuk menyiapkan Fitri menjadi presenter penelitian pada tingkat International. Masing-masing dosen memberikan dukungan yang berbeda-beda, seperti membantu menyiapkan presentasi dalam bahasa inggris sampai melatih bahasa inggris agar lebih bagus, support literature dan bahkan membantu dalam pencarian dana.

Semua perjuangan tentu akan berhasil kalau memiliki tekat kuat dan tidak menyerah, selain itu berani memanfaatkan kesempatan dan tidak membatasi diri dalam bergerak. Contohnya adalah Fitri yang berhasil ke Jepang. Awalnya memang sulit namun tetap indah pada waktunya. Semua bantuan datang tanpa diduga sebelumnya.

jepang_4-1[1]Kenyataan bahwa Jepang menjadi Negara pertama yang ditempuh Fitri dalam perjalanan ke luar negeri memang membawa dampak yang dasyat. Fitri mengungkapkan bahwa “Banyak proses yang saya pelajari untuk bisa sampai ke Jepang, mulai dari masalah penginapan yang tidak ada kejelasan diawal, tapi orang tua menjadi orang pertama yang mendukung agar tetap maju dan kuat, bukannya justru kuatir seandainya saya menjadi gelandangan atau diculik dinegeri orang, namun justru memberi dukungan. Orang tua saya memberi opsi untuk menghubungi KBRI, menghubungi Islamic Center di Jepang untuk meminta informasi masalah penginapan.”

“Selanjutnya karena perjalanan ke Jepang, saya mau tidak mau harus mempelajari lingkungan baru, memaksa saya untuk meningkatkan kemampuan navigasi. Dari belajar mengenal arah mata angin untuk menentukan posisi qiblat sampai belajar memahami jalur kereta yang cukup rumit bagi orang asing di Jepang. Belajar memahami lingkungan mereka yang agak asing dengan orang yang tertutup terlebih karena saya hobi bergamis dan jilbab cukup syari. Alhamdulillah semua perjuangan saya berjalan lancar.” Tambah Fitri antusias dalam membagi pengalamannya ke Jepang.

Tidak hanya Jepang, pada tahun 2014 juga memberi kesempatan kepada Fitri menginjakkan kaki ke Negara Singapore sebagai Presenter penelitian pada International Conference on Healthcare and Life Science. Tahun 2015 Fitri memiliki kesempatan singgah ke negeri Jiran Malaysia juga sebagai Presenter penelitian pada International Symposium on Education and Psychology dan di tahun yang sama juga Fitri mengikuti International Conference on Education, Psychology and Liberal Art, (ICEPL) di Taiwan sebagai Presenter penelitian.

Akibat dari semua prestasi yang dimilikinya membawa fitri sebagai Juara 1 Mapres Universitas Ahmad Dahlan, Juara 2 mahasiswa berprestasi untuk regional Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan akhirnya membawa Fitri sebagai Juara 7 dalam kompetisi Mawapres tingkat Nasional di Malang.

fitriGambar: facebook.com/r adhiatul.fitri.7

Pesan Fitri kepada semua mahasiswa Indonesia “Kita itu masih muda, fisik masih kuat, otak masih maksimal dan bagi yang mahasiswa belum menikah kita punya tanggungan apa lagi selain BELAJAR. Maka manfaatkan semua kesempatan itu. Selagi sehat, selagi muda, selagi masih segar, selagi belum banyak tanggungan. Kita itu anak muda Indonesia, masa depan Indonesia beberapa tahun mendatang ada di tangan kita.”

Sobat positif, melakukan kebaikan secara maksimal untuk kebermanfaatan yang lebih besar di luar diri kita itu adalah kebutuhan. Kengapa tidak mencoba memaksimalkan hal baik yang bisa dilakukan saat itu, dari pada kita menghabiskan waktu berkutat dan membiarkan kemalasan itu menggerogoti diri dan menjadikan kita makluk yang tidak memberdayakan nikmat yang Allah beri.

Jadi, kita semua bisa menjadi Mawapres Nasional, yang penting adalah berusaha dan berani memanfaatkan kesempatan. Radhiatul Fitri salah satu contoh mahasiswa sejati yang patut kita contoh adanya. Selamat berjuang untuk Indonesia yang lebih baik.

Geubrina Rizky

Seorang hamba yang sedang berjuang merealisasikan mimpi dan mecoba membagi melalui untaian kata

Leave a Reply