Sahabat Beasiswa Untuk Negeri, Teladan-Teladan Penular Semangat

Sukses berkesempatan mengenyam pendidikan hingga level perguruan tinggi favorit melalui proses persaingan yang ketat dari berbagai jalur, membuat orang-orang dalam kelompok ini semakin mengerti akan makna bersyukur. Berpikir bahwa keberhasilan mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi harus ditularkan ke generasi-generasi lainnya khususnya yang berada di daerah membuat komunitas ini semakin semangat bergerak dari hari ke hari melalui misi pengabdian. Mereka adalah Komunitas Sahabat Beasiswa Untuk Negeri. Komunitas yang menularkan semangat belajar, semangat berkompetisi, semangat pantang menyerah dan pembawa inspirasi serta informasi bermanfaat terkait dunia pendidikan kepada siswa-siwi SMA sederajat.

Sobat Positif, komunitas Sahabat Beasiswa Untuk Negeri dengan basis kerelawan telah mengubah sisi pandang banyak pelajar SMA sederajat di daerah untuk terus berjuang mengenyam dunia pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Belakangan ini Sahabat Beasiswa Untuk Negeri yang terlahir dari kampus USU Medan ini baru saja berkunjung ke berbagai daerah khusunya di wilayah Sumatera Utara, menyapa adik-adik SMA agar memperjuangkan mimpi mereka untuk meraih jenjang pendidikan hingga level perguruan tinggi. 16 Februari 2016 adalah jadwal kunjungan pertama Sahabat Beasiswa Untuk Negeri di tahun 2016. Bertepatan di kota Sibolga, tim Sahabat Beasiswa Untuk Negeri berkunjung ke SMA 1 Plus Matauli Pandan, SMK Negeri 1 Sibolga dan Pesantren Darrur Rachmad. Pada kesempatan itu bapak Kabul Warsito S.Si.,M.Si. selaku founder Sahabat Beasiswa Untuk Negeri memberikan arahan dan nasihat kepada siswa-siswa serta menceritakan tentang Beasiswa Unggulan yang pernah ia capai ketika di bangku kuliah. Hal serupa juga dilakukan oleh Ramadhani, seorang mahasiswa Ilmu Komputer USU, beliau bercerita tentang beasiswa PPSDMS yang sedang membuka pendaftaran, beliau sendiri merupakan salah seorang penerima beasiswa PPSDMS, pembicara terakhir ada Arie Mulyani (Mahasiswi Peternakan USU) yang menjelaskan mengenai Beasiwa Bidik Misi.

Sobat Positif komunitas Beasiswa Untuk Negeri tidak terlepas dari yang namanya kompetisi, beasiswa dan pengabdian. Kebanyakan relawan dan team leader dari komunitas ini adalah para beaswan dari berbagai penyedia beasiswa. Setelah sukses dengan agenda akbar Science Competition, kini Sahabat Beasiswa Untuk Negeri fokus berkunjung ke sekolah-sekolah di daerah untuk menyebarkan semangat, inspirasi dan informasi. Kunjungan ini sangat membuka wawasan para siswa di daerah karena lewat kunjungan ini mereka langsung menemukan tokoh-tokoh yang dapat kuliah dengan bantuan beasiswa sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan studi ke jenjang kuliah. Para siswa juga terbantu karena memiliki relasi tim Sahabat Beasiwa Untuk Negeri sebagai tempat bertanya seputar dunia kampus, beasiswa, living cost dan strategi hidup di kota yang jauh dari daerahnya. Sebuah contoh yang patut ditiru, semoga semakin banyak komunitas baik bermunculan seperti komunitas Sahabat Beasiswa Untuk Negeri, Salam Positif.

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply