Sahabat Beasiswa Untuk Negeri: Ungguli 2542 Peserta Science Competition, SMA CTF Medan dan Pesantren Darul Mursyid Tapanuli Selatan Pertahankan Gelar Juara

Setelah melewati proses persiapan panjang, akhirnya perhelatan Science Competition untuk kali kedua yang diselenggarakan oleh komunitas Sahabat Beasiswa Untuk Negeri sukses dilangsungkan pada tanggal 24 Januari 2016 lalu di Universitas Sumatera Utara. Event ini diikuti 2542 siswa dari 3 provinsi di pulau Sumatera. Semula panitia menargetkan 3000 peserta, meski tidak mencapai target 3000 peserta, angka 2542 bisa dikatakan jumlah yang fantastis mengingat tahun sebelumnya peserta Science Competition (SC) berjumlah 1800 peserta. Pelaksanaan Science Competition memperebutkan Piala Menteri Pendidikan untuk Juara I umum, Piala Gubernur Sumatera Utara untuk Juara II umum, dan Piala Rektor USU untuk Juara III umum. Event SC kali ini menggunakan bahasa Inggris sebagai redaksi beberapa soal, sehingga serasa mengikuti event Science Competition tingkat Internasional.

Peserta lomba untuk masing-masing cabang lomba berkisar diangka 100 keatas, mata lomba Biologi keluar sebagai mata lomba dengan peminat terbanyak yaitu berkisar 600 orang. Kegiatan yang menguras banyak energi dan melibatkan 149 panitia ini menyisakan kenangan tersendiri bagi mereka yang terlibat di dalamnya. Seperti penuturan salah seorang panitia Ramadhani Damanik yang menyebutkan bahwa event kali ini penuh cobaan dan tantangan dalam kurun waktu 4 bulan 24 hari persiapan gelaran SC, baginya agenda SC harus terus dilaksanakan dengan skala yang lebih besar lagi.  Kenangan yang lebih mengharukan tentu sangat dirasakan oleh SMA Chairul Tanjung Foundation (CTF) Medan, di gelaran SC yang kedua ini SMA CTF Medan kembali mempertahankan gelar Juara I umum. Tentunya keberhasilan SMA CTF mempertahankan gelar yang pernah diraih sebelumnya tidak lepas dari kerja keras dan semangat tak kenal lelah untuk selalu belajar dan menjadi yang terbaik. Juara II umum diraih oleh SMA Sutomo Medan , ini kali pertama SMA Sutomo Medan meraih gelar juara di tiga besar. Pesantren Darul Mursyid Sipirok Tapanuli Selatan keluar sebagai juara III umum. Pesantren Darul Mursyid pada SC sebelumnya juga menduduki posisi gelar juara III umum. SMA CTF Medan, SMA Sutomo Medan dan Pesantren Darul Mursyid Tapanuli Selatan, ketiganya merupakan sekolah yang dikenal berprestasi dan dikenal sulit untuk menyaingi mereka dalam gelaran Science Competition. Panitia SC berharap agenda SC menjadi barometer bagi para siswa Sumatera untuk mengukur kompetisi yang mereka miliki di bidang Sains.

Bagi Anda yang ingin melihat pengumuman detail dari setiap mata lomba dapat dilihat disini.

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply