Seberapa Pentingkah Peringatan Hari Air Sedunia?

70% dari permukaan bumi ini adalah air, tetapi hanya 3% saja bagian dari air itu yang merupakan air tawar dan bisa kita gunakan untuk keperluan sehari-hari, 97% sisanya adalah air laut yang asin.

 

world water day 2015. via @bemui_official
world water day 2015. via @bemui_official

 

Pernah mendengar peringatan Hari Air Sedunia? Tanggal 22 Maret ditetapkan sebagai Hari Air Sedunia (World Water Day) pada Sidang Umum Ke-47 PBB pada 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brazil. Nah, kenapa sih harus ada peringatan Hari Air Sedunia? Sederhana saja, air adalah sumber utama kehidupan. Bayangkan jika air di bumi yang kita huni ini tiba-tiba saja musnah, tentu saja makhluk-makhluk yang ada di bumi ini juga perlahan ikut musnah hingga tidak ada lagi kehidupan di dalamnya. Maka dari itu, dianggap penting untuk membuat suatu peringatan Hari Air Sedunia untuk menarik perhatian publik terkait betapa pentingnya keberadaan air baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.

70% dari permukaan bumi ini adalah air, tetapi hanya 3% saja bagian dari air itu yang merupakan air tawar dan bisa kita gunakan untuk keperluan sehari-hari, 97% sisanya adalah air laut yang asin. Nah, setiap kita membutuhkan sebanyak 100 liter air/hari. Bisa dibayangkan kan milyaran jiwa di seluruh dunia membutuhkan berapa liter air dalam satu hari?

Namun kenyataan yang kita temukan saat ini adalah terbatasnya ketersediaan air yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini dikarenakan begitu banyak sumber air terutama air yang berasal dari permukaan menjadi tercemar karena ulah kita yang tidak ingin peduli dan tidak memiliki kesadaran untuk menjaga sehingga ketersediaan air bersih menjadi semakin minim. Kita bisa menyaksikan sendiri, masih banyak masyarakat terutama di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih. Salah satu contoh yang bisa langsung kita amati adalah masyarakat yang berada pada pemukiman sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS). Mereka menggunakan air sungai yang sudah tercemar untuk aktivitas mandi dan mencuci. Nah, masalah air ini malah jadi semakin kompleks karena penggunaan air tercemar ini mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan berupa diare ataupun dermatitis pada kelompok masyarakat yang memanfaatkan air tercemar tersebut. Selain itu, pencemaran ini juga mengakibatkan terganggunya ekosistem di perairan.

Karena itu, kita sebagai bagian dari penghuni bumi ini, makhluk yang begitu bergantung dengan keberadaan air bersih sudah selayaknya memberikan kontribusi untuk menjaga air yang sudah Tuhan sediakan untuk menunjang keberlangsungan hidup kita. Sejatinya, peringatan Hari Air Sedunia ini bukanlah hanya agar kita peduli dengan air dalam satu hari yaitu pada 22 Maret ini saja, tetapi setiap hari kita mengingat betapa pentingnya menjaga kualitas air untuk generasi sekarang hingga beratus tahun yang akan datang. Jagalah kualitas air dengan tidak mencemarinya dan juga dengan memanfaatkan air seperlunya.

2 thoughts on “Seberapa Pentingkah Peringatan Hari Air Sedunia?

  • March 23, 2015 at 10:54 am
    Permalink

    yang jarang mandi berarti salah satu pahlawan bumi? kan hemat air? hakhakhak

    Reply
  • Basrah Nasution
    March 25, 2015 at 3:01 am
    Permalink

    Tiap hari itu harus jadi hari air agar kita selalu ingat untuk menghemat air 🙂

    Reply

Leave a Reply