Traveledu, Studi Tur Guru-Guru Muda Mencari Inspirasi

Guru-guru muda dengan semangat paripurna, mereka guru-guru SMK IT Marinah Al-Hidayah memang masih baru di dunia pendidikan. Mereka adalah alumni-alumni dari kampus terbaik di Sumatera Utara, mengimplementasikan segala ilmu yang mereka dapatkan semasa kuliah untuk pendidikan yang lebih  baik. Meski terbilang baru tapi eksistensi mereka di dunia pendidikan di kota Medan patut diapresiasi, banyak gebrakan baru yang mereka buat hingga siswa-siswanya betah belajar di sekolah dan seluruh siswa jarang ingin pulang cepat karena masih ada agenda ekstrakulikuler yang terlalu mahal untuk dilewatkan. Perjuangan guru-guru ini tidak berhenti dengan gebrakan ekskul saja. Mereka semakin hari semakin haus untuk mendapatkan ilmu baru yang bisa diterapkan pada pendidikan Indonesia, hingga akhirnya memutuskan untuk menjalankan sebuah misi studi tur ke Malaysia.

Sobat Positif tepatnya pekan terakhir Februari 2016, tim guru-guru SMK IT Marinah Al-Hidayah Medan bertolak ke Malaysia untuk menjemput inspirasi pendidikan. Tidak dipungkiri memang agenda ini sekaligus agenda refreshing bagi para guru yang selama ini disibukkan dengan aktifitas mengajar tak berkesudahan. Fadliansyah Nasution, S.Kom selaku kepala sekolah menuturkan kepada Indonesia Positif bahawa agenda ini dilatarbelakangi kesadaran untuk menambah wawasan guru-guru SMK IT Marinah Al-Hidayah akan hal-hal yang berkembang di luar negeri, “kita ingin menciptakan wawasan yang sarat akan pengetahuan untuk menciptakan generasi yang lebih baik kedepannya”, ujar beliau.

Studi tur yang diagendakan ini memakan waktu empat bulan persiapan hingga akhirnya dapat momen yang pas dengan harga tiket promo yang pas untuk kantong para guru. Soat Positif, guru-guru ini harus menabung berbulan-bulan agar bisa menjalankan agenda studi tur ini, sedapat mungkin mereka berhemat guna memaksimalkan kegiatan yang dapat dilakukan di Malaysia dengan dana yang ada. Mis Risna, seorang guru bahasa Inggris menjadi tutor paling ahli dalam hal optimalisasi dana, beliau yang terbiasa backpacker ke berbagai negara mengajarkan tim cara hemat traveling, mulai dari info tiket promo, pengurusan passport, moda transportasi murah dan penginapan murah di Malaysia sudah khatam di kepalanya. Beberapa guru sudah pernah ke Malaysia yang semakin membantu tim berbagi informasi seputar negara yang akan dituju. Kondisi tim yang pengetahuannya seputar traveling saling melengkapi membuat anggota lain seperti pak Agus merasa nyaman dan yakin dalam perjalanan ini.

Memilih Malaysia untuk dikunjungi bukan tanpa alasan. Malaysia dinilai berkembang dan semakin maju melalui pendidikan yang mereka bangun. Terinspirasi dari kunjungan ke Petrosains Malaysia mendorong guru-guru untuk semakin kreatif dalam menyajikan pelajaran yang diampu di dalam kelas. Selain mengunjungi Petrosains, rombongan guru ini juga berkunjung ke bebrapa lokasi wisata , khususnya wisata sains. Kunjungan ke studio Upin Ipin adalah satu tujuan wajib guna mencari inspirasi animasi dan desain grafis yang bermanfaat untuk dikenalkan kepada siswa-siswa Multimedia di SMK IT Marinah Al-hidayah.  Ada dua kota yang dikunjungi, Malaysia dan Penang.

Kunjungan ke Studio Upin Ipin
Kunjungan ke Studio Upin Ipin

Kendala-kendala dalam tim kerap menghiasi perjalanan ini, mulai dari perbedaan pendapat untuk tawaran lokasi yang akan dituju, harga hotel yang tiba-tiba berbeda harga saat dibooking dengan harga sesampainya di lokasi. Namun bagi pak Fadli, semua kendala itu hanya membuat tim semakin kompak dan akrab. Pak Fadli menilai siswa di Malaysia, tertib dan disiplin. Semua pihak terlibat dalam menjaga anak sekolah. Tidak ada siswa yang berkeliaran di jam sekolah, lingkungannya juga bersih dan sangat Islami. Sobat Positif uniknya, siswa-siswa SMK Marinah Al-Hidayah diminta aktif mengikuti perkembangan akun Instagram sekolah sehingga mereka yang penasaran dengan kegiatan studi tur guru-guru dapat mengetahuinya dengan cepat.

Lima hari di Malaysia dengan segudang pengalaman dan inspirasi guru-guru ini kembali ke Indonesia. Agenda serupa tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan di tahun-tahun mendatang seperti kunjungan ke negara Singapura. Pak Fadli juga berniat untuk mengunjungi sekolah-sekolah favorit di Medan, guna berslaturrahim dan mengambil pelajaran dari pendidik-pendidik yang telah lama menyelami dunia pendidikan. “Kita akan percaya dengan hal yg kita lihat langsung. Pada dasarnya visual itu menciptakan semangat dan gairah yang bagus hal ini bisa kita rasakan secara langsung dari kegiatan ini. Terus kita juga bisa melihat potensi dan karakter dari setiap peserta untuk memetakan kekuatan dan kelemahan kita. Karena perjalanan mampu menunjukkan karakter seseorang. Jadi kedepannya ini sangat membantu membuka wawasan dan mengetahui karakter siswa”, ujar pak Fadli diakhir pembicaraan.

Data guru-guru rombongan Studi Tur:

Nama                      : Suharsono, S.Kom, M.Kom

Lulusan                  : S1 dan S2 USU

Mengajar               : Editing Audio

 

Nama                      : Heru Syahputra, S.fil, I, S.Pd.I, M.Pem.I

Lulusan                  : S1 dan S2 UIN SU

Mengajar               : Pendidikan Agama Islam

 

Nama                      : Arsad Halomoan Sipahutar, S.Pd.I, M.Pd

Lulusan                  : S1 UIN SU dan S2 UNIMED

Mengajar               : Matematika

 

Nama                      : Saddam Husein Siregar, S.Pd.I

Lulusan                  : S1 UIN SU

Mengajar               : Fiqih

 

 

Nama                      : Agustianda, S.Th.I

Lulusan                  : S1 UIN SU, Studi S2 UIN SU

Mengajar               :  Aqidah Akhlak

 

Nama                      : Anggi Erna Yani Siregar, S.Pd

Lulusan                  : S1 UNIMED, Studi S2 UNIMED

Mengajar               : Penjasorkes

 

Nama                      : Risna Sari Lubis, S.Pd.I

Lulusan                  : S1 UIN SU

Mengajar               : Bahasa Inggris

 

Nama                      : Rizky Auliani, S.Pd

Lulusan                  : S1 UNIMED

Mengajar               :  Kimia dan IPA

 

Nama                      : Yunita Novia, S.Fil.I

Lulusan                  : S1 UIN SU, Studi S2 UIN SU

Mengajar               : Seni Budaya

 

Nama                      : Susianti Br Sitepu, S.Th.I

Lulusan                  : S1 UIN SU, Studi S2 UIN SU

Mengajar               : PPKn

 

Nama                      : Suci Ramadhani, S.Kom, M.Kom

Lulusan                  : S1 STMIK Logika dan S2 USU

Mengajar               : Pemrograman Web

 

Nama                      : Chantika Syaputri

Lulusan                  : Studi S1 UNIMED

Mengajar               : Seni Budaya

 

Nama                      : Fadliansyah Nasution

Lulusan                  : S1 Ilmu Komputer USU

Mengajar               : Design Grafis dan Fotografi

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply