Untuk Sobat Positif yang Akan Merantau Kuliah, Hal-hal ini Perlu Kamu Ketahui

Sobat Positif, kamu-kamu yang lagi duduk di kelas XII SMA pastinya sudah melewati yang namanya Ujian Nasional (UN) dan sudah mendengar pengumuman SNMPTN. Mungkin ini UN terakhir dalam hidup kalian, karena jika kalian lulus, kalian tidak menemukan istilah UN lagi di bangku perkuliahan, yang ada adalah skripsi. Postingan ini tidak mengajak kalian untuk bahas skripsi yang akan menguras pikiran kalian sob, postingan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai hal-hal yang mungkin dapat membantu memperlancar urusan kalian dalam melangkahkan kaki ke jejak berikutnya yaitu kuliah. Sebelum beranjak lebih jauh, Indonesia Positif mengucapkan selamat atas keberhasilan sobat positif yang lulus SNMPTN.

Cari Tahu Ikatan Mahasiswa Daerahmu

Cari perkumpulan daerah mu (sumber gambar : http://apreleanoni.blogspot.com)

Sobat Positif, selepas lulus SMA nanti, jika sobat akan merantau untuk tujuan kuliah maka tidak ada salahnya jika kamu mencari tahu info tentang ikatan mahasiswa daerah asalmu yang ada di universitas tujuan kuliah. Ikatan mahasiswa dari berbagai daerah biasanya ada di berbagai universitas. Sobat bisa cari tahu lewat media sosial atau dari search engine, nantinyaย akan menemukan orang-orang yang berasal dari daerah yang sama dengan di universitas sobat kuliah. Biasanya mereka akan dengan senang hati membantu sobat untuk mengenalkan jalan tujuan kemana dan lewat mana, memberikan informasi seputar kampus dan banyak juga yang bersedia membantu sobat untuk menemukan kos atau tempat tinggal di perantauan.

Pasang aplikasi transportasi online dan aplikasi yang membantu sobat dalam bepergian di Smart Phone Sobat.

Pakai aplikasi ojek online biar ga nyasar (sumber gambar: solopos.com)

Sobat Positif yang akan kuliah di kota yang sudah tersedia transportasi online, maka sobat perlu menginstal aplikasi transportasi online untuk mempermudah bepergian jika sobat belum terlalu mengetahui jalur angkutan umum yang ada di kota sobat kuliah. Selain itu perlu juga mempelajari rute angkutan umum seperti bus dan kereta.

Berhati-hatilah saat Bepergian

Lebih baik traveling bersama teman (sumber gambar : hipwee.com)

Saat bepergian Sobat Positif harus hati-hati, sering terdengar korban pencopetan mahasiswa baru dengan berbagai modus seperti hipnotis. Wajah baru sobat di lingkungan baru bisa jadi sasaran aksi copet. Sebaiknya buat sobat yang perempuan carilah teman ketika bepergian usahakan jangan sendirian, biar nggak bengong sendirian.

Pelajari Budaya Daerah Tempat Tinggalmu yang Baru

Pelajari budaya dan bahasa lingkungan sekitar (sumber gambar : tutoringgris.com)

Supaya Sobat cepat berbaur dengan lingkungan baru, pelajari budaya setempat, jangan salah dalam berucap, bisa jadi kata atau kalimat dari daerah asal yang dinilai memiliki makna biasa, ternyata bermakna kurang sopan di daerah sobat merantau. Mempelajari budaya setempat dapat menjadi topik pembicaraan awal dengan penduduk di sekitar.

Beli di Warung Tetangga

Ga perlu gengsi sob.. Obama aja makan di warung ๐Ÿ˜‰ (sumber gambar : liputan6.com)

Berbelanja di warung tetangga menjadi cara ampuh untuk bersilaturrahmi guna dikenal oleh masyarakat di lingkungan baru. Sobat juga bisa sekalian bertanya seputar hal-hal di lingkungan sobat kepada pedagang warung, misalnya bertanya lokasi atm terdekat, pasar atau toko kebutuhan dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal yang perlu sobat ketahui ketika merantau kuliah, semoga tulisan yang kami berikan bermanfaat

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply