Wow, Ramainya Sholat Gerhana Seperti Tarawih di Awal Ramadhan

Sobat Positif momen gerhana adalah momen fenomena alam yang langka, apalagi fenomenan gerhana kali ini sangat istimewa yaitu gerhana Super Blue Blood Moon , yang menurut kajian para ahli menyebutkan momentum ini terakhir kali terjadi sekitar 152 tahun yang lalu. Setiap kali ada info gerhana dari lembaga terpercaya maka linimasa media sosial kita pun akan diramaikan dengan postingan ajakan untuk melaksanakan sholat gerhana. Hadis-hadis mengenai sikap terhadap fenomena gerhana kembali ramai dibincangkan , poster-poster indah dan menarik yang bertujan mengingatkan tata cara sholat gerhana kembali menyita perhatian publik. Sobat Positif, ramainya sambutan masyarakat dalam menyikapi gerhana di dunia maya terwujud pula pada dunia nyata, hal tersebut bisa dilihat dari besarnya antusias masyarakat Indonesia mengikuti sholat gerhana. Semaraknya antusiasme warga mengikuti sholat gerhana ini sejalan dengan sabda Rasulullah yang diriwayatkan dalam Shahih Bukhari, “Nabi bersabda `Sesungguhnya matahari dan bulan tidak gerhana karena meninggal dan hidupnya seseorang. Tetapi keduanya adalah  tanda-tanda kebesaran Allah. Apabila kamu melihatnya , maka berdirilah dan mengerjakan sholat gerhana` “.

Sholat Gerhana
Jamaah bersiap mengikuti sholat gerhana di masjid Dakwah Islam, Utan Kayu Utara Jakarta Timur

Khususunya warga DKI Jakarta, selain dari adanya himbauan gubernur  masjid-masjid sangat inisiatif mengumumkan pelaksanaan sholat gerhana selepas Sholat Isya. Salah satu contohnya seperti di masjid Dakwah Islam komplek Kehakiman Utan Kayu Utara ,Kecamatan Matraman Jakarta Timur. Malam ini, 31 Januari 2018 selepas Sholat Isya dilangsungkan sholat gerhana di masjid tersebut. Warga yang datang sangat ramai, sebelum azan Sholat Isya masjid terlihat sudah ramai, banyak warga yang datang lebih awal dan menanti waktu di masjid berhubung khawatir tidak kebagian tempat di dalam masjid. Ramainya warga yang berdatangan seperti sholat tarawih di awal Ramadhan, dari dalam masjid hingga teras masjid dibanjiri jamaah yang antusias mengikuti sholat gerhana.

Tidak mau kalah dengan orang dewasa, anak-anak usia sekolah dasar terlihat dengan semangat ingin mengikuti sholat yang jarang dilakukan ini. “Sholat gerhananya kapan ? setelah azan apa kita langsung sholat gerhana” , bisik anak-anak itu terhadap temannya yang sama-sama pertama kali mengikuti momen sholat gerhana. Selepas Sholat Isya, imam mengingatkan kembali tatacara Sholat Gerhana. Setelah Sholat gerhana selesai, dilanjutkan dengan khotbah oleh salah seorang ustadz , dalam kesempatan tersebut beliau mengingatkan kembali para jamaah agar memperbanyak dzikir kepada Allah SWT melaksanakan sholat, bersedekah dan memperbanyak amalan.

Basrah Nasution

Basrah Nasution

Dengan aksara menjaga zaman, memuliakan peradaban.

Leave a Reply